daerah

Pemkab Belitung Timur Gandeng Forum CSR Tanggulangi COVID-19

Oleh: Ivansona_Al Editor: 10 May 2020 - 11:27 sungailiat

KBRN, Beltim : Perusahaan BUMN dan swasta yang tergabung dalam Forum Corporate Social Responsibility (Forum CSR) Kabupaten Belitung Timur memberikan dukungan penuh kepada Pemerintah Kabupaten Beltim  bagi upaya penanganan COVID-19 di daerah tersebut.

Forum CSR yang beranggotakan 30 perusahaan tersebut sepakat memberikan bantuan berupa sembako,alat pelindung diri (APD),masker dan peralatan medis serta bantuan bagi masyarakat yang terdampak.

Ketua Forum CSR Kabupaten Belitung Timur,Ginto Riadi mengatakan setidaknya dibutuhkan total Rp 2 milyar dari dana CSR untuk bantuan-bantuan yang akan diberikan.

“Paling tidak 2 milyar dana CSR yang harus disiapkan,dan Forum CSR akan membagi ke seluruh anggota sesuai kemampuan perusahaan,mana yang beli APD, alat medis,mana yang siapkan sembako.Yang jelas nanti akan digunakan membantu pemda Beltim dalam penanganan COVID-19,juga masyarakat yang kena dampak,”katanya,Senin (6/4/2020).

Ginto Riadi menerangkan bahwa akan ada perubahan besar dari anggaran CSR tahun 2020 mengingat alokasi anggaran yang sebelumnya digunakan untuk sosial kemasyarakatan,sebagiannya akan diperuntukkan bagi penanganan COVID-19.

“Kita diharapkan Pemkab Beltim berkontribusi dalam penanganan COVID-19.Dan kita akan gunakan anggaran CSR,otomatis akan berubah peruntukannya,”terangnya.

Sementara itu Wakil Bupati Belitung Timur,Burhanuddin dalam pertemuan antara Pemkab Belitung Timur dengan Forum CSR di Kantor Bupati Beltim menjelaskan bahwa pihaknya menyambut baik respon positif dari Forum CSR untuk membangun sinergi dalam penanggulangan pandemi corona.

“Pemkab Beltim tahu perusahaan-perusahaan di Forum CSR selama ini sudah berbuat untuk penanganan COVID-19 ini.Makanya dengan pertemuan ini kita mengajak mereka satu visi dengan pemda,”jelas Burhanuddin.

Terkait kontribusi apa yang akan diberikan 30 perusahaan swasta dan BUMN yang bergerak di bidang pertambangan,perkebunan,perbankan dan jasa tersebut,Burhanuddin serahkan sepenuhnya kepada Forum CSR.

“Kita memberikan daftar kebutuhan yang bisa diberikan,ini lho bantuan yang dapat dilakukan,termasuk di dalamnya sembako,APD,alat medis dan lain-lain.Semua kita serahkan pada perusahaan mana saja yang bisa mereka berikan,biar mereka berdiskusi,”pungkasnya.