Daerah

Lomba MAPSI Tingkat SD se-Kabupaten Jepara

Oleh: Editor: 29 Sep 2022 - 05:15 Semarang

KBRN, Jepara : Tarian kerja bakti menyambut rombongan Penjabat (Pj) Bupati Jepara yang diwakili oleh Asisten III Sekretaris Daerah (Sekda) Jepara Mudrikatun dalam acara Lomba Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Seni Islami (MAPSI) tingkat sekolah dasar (SD) se-Kabupaten Jepara tahun 2022 di SMPN 1 Mlonggo, Rabu (28/9/2022).

Acara ini dihadiri Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Ali Hidayat, Camat Mlonggo Sulistiyo beserta jajaran Forkopimcam Mlonggo dan perwakilan OPD terkait.

Lomba MAPSI-SD tahun ini diikuti oleh 15 dari 16 kecamatan di Kabupaten Jepara. Kecamatan Karimunjawa berhalangan hadir dalam lomba terkait dengan ketidaksiapan peserta dan sarana. Cabang seni dan mata pelajaran yang dilombakan antara lain adalah PAI dan BTQ, salat dan wudlu, adzan dan iqamah.

Selain itu, seni kaligrafi, khitobah, tilawah, hifdzil Qur’an, macapat islami, ketrampilan komputer, dan musik rebana.

“MAPSI ini menjadi salah satu cara menggali potensi anak didik kita di bidang pendidikan agama islam dan seni islami,” kata Mudrikatun dilansir dari laman Pemkab Jepara.

Dalam kesempatan itu Mudrikatun memberikan apresiasi setinggi-tingginya atas terselenggaranya acara tersebut. Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa pemerintah memiliki kewajiban untuk mendukung dan memberi motivasi kepada generasi muda agar menjadi generasi berkualitas.

“Dari puluhan ribu SD yang ada ini menjadi modal yang kelak akan membangun Jepara dan Indonesia serta tongkat estafet kepemimpinan bangsa,” ujarnya.

Ia berpesan kepada para guru dan tenaga pendidik yang hadir untuk selalu memberikan motivasi dan tidak melakukan tindakan diskriminasi kepada siswa. Menurutnya sebagai pendidik seharusnya mampu menggali potensi dengan karakteristik siswa yang beragam. Hal ini sejalan dengan kurikulum merdeka yang telah diluncurkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia, Februari lalu.