Husairi Sebut Pentingnya Pendidikan Sebagai Penentu Mutu SDM

Penandatangan Pakta Integritas saat Rapat kerja terpadu kepsek SD dan SMP Kabupaten HSU. foto: istimewa

KBRN, Banjarmasin: Pelaksana tugas (Plt) Bupati Hulu Sungai Utara (HSU) menyampaikan pentingnya pendidikan, sebagai salah satu penentu mutu Sumber Daya Manusia (SDM).

Hal ini, tentunya juga sejalan dengan tingginya tantangan kehidupan global.

Mutu pendidikan dapat tercapai, jika seluruh komponen pendidikan yaitu, masukan, proses, keluaran, guru, sarana dan prasarana serta biaya telah dapat terpenuhi. 

"Namun dari beberapa komponen tersebut yang lebih banyak berperan adalah tenaga kependidikan yang bermutu yaitu yang mampu menjawab berbagai tantangan dengan cepat dan tanggung jawab,"katanya saat menghadiri rapat kerja terpadu Kepala Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) Se-HSU tahun 2022 di Aula Idham Chalid.

Menurutnya ke depan, tantangan bagi tenaga kependidikan akan semakin kompleks, sehingga menuntut tenaga kependidikan untuk senantiasa melakukan berbagai peningkatan dan penyesuaian penguasaan kompetensi.

Pendidikan bermutu sangat membutuhkan tenaga kependidikan profesional, yang mempunyai peran sangat strategis dalam pembentukan pengetahuan, keterampilan, dan karakter peserta didik, “ Karenanya, tenaga kependidikan yang profesional akan melaksanakan tugasnya secara profesional sehingga menghasilkan tamatan bermutu,” tuturnya.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) HSU Jumadi menyampaikan, urusan pendidikan adalah urusan wajib pelayanan dasar, yang menjadi indikator keberhasilan penyelenggaraan pemerintahan oleh kepala daerah.

Ditambahkannya, karena itu, perlu adanya komunikasi yang baik dan lancar antara stakeholder dengan para kepala sekolah sebagai pelaksana langsung di lapangan.

“Melalui rapat kerja terpadu ini, diharapkan dapat diberikan pengarahan oleh kepala daerah untuk kemajuan pendidikan,” sampainya.

Dalam kegiatan tersebut juga dilakukan penandatangan Pakta Integritas yang diwakili 10 kepala SD dan 1 Kepala SMP dengan Kepala Disdikbud HSU yang disaksikan langsung oleh Plt Bupati HSU.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar