Mulai Surut di sejumlah titik, BPBD dan Relawan HSS Bantu Warga Bersihkan sisa Banjir

Istimewa

KBRN, Banjarmasin: Banjir yang terjadi di wilayah Hulu Sungai Selatan (HSS) sudah mulai surut. Berdasarkan pantauan pada Senin (29/11/2021), jalan dan pemukiman warga yang sebelumnya terendam banjir kini sudah kering. Hanya saja, banjir masih menggenangi sebagian jalan di dataran rendah. 

Kepala Pelaksana (Kalak) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten HSS, mengatakan banjir yang terjadi sebagian wilayah Kecamatan Kandangan akibat luapan Sungai Amandit yang terjadi, Minggu (28/11) sekitar pukul Lungau15.00 WITA sudah surut. 

"Saat ini banjir sudah surut dan kering, hanya jalan di Desa Sungai Kupang dan Lungau masih tergenang, namun airnya terus menurun, dan beberapa warga yang sempat mengungsi sudah kembali ke rumah masing-masing," ujarnya. 

"Meski Banjar sudah surut, kami minta warga tetap waspada jika terjadi hujan. Tetap amankan harta benda yang berharga ketempat yang lebih aman," tambahnya.

Untuk meringankan beban warga, kata Syamsudin, pihaknya bersama relawan membantu warga melakukan Bersih-bersih rumah dan drainase-drainase yang tersumbat akibat banjir.

"Jika masyarakat ingin dibantu membersihan rumah, kami siap membantu dengan peralatan pemadam," ujarnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar