FOKUS: #TANGGAP BENCANA

Jelang Hari Armada RI, Lanal Banjarmasin Tanam Pohon Mangrove Di Wilayah Pesisir

KBRN, Banjarmasin : Dalam Rangka menyambut peringatan Hari Armada RI tahun 2021 dengan tema " Armada RI Ksatria Pengawal Samudera Untuk Indonesia Tumbuh, Indonesia Maju " yang jatuh pada tanggal 5 Desember 2021, bertempat diwilayah pesisir Desa Sungai Bakau Kec. Kurau Kab. Tanah Laut telah dilaksanakan kegiatan penanaman pohon mangrove sebanyak 1.000 batang.

Ditempat terpisah juga dilaksanakan kegiatan bakti sosial berupa pengobatan umum, pelayanan KB, penyerahan Sembako sebanyak 210 paket kepada warga setempat dan Serbuan Vaksinasi Maritim Covid-19 di halaman SDN 2 Tabanio Kec. Takisung Kab. Tanah Laut.

Diketahui dari jumlah pendaftar vaksinasi 122 orang, telah sukses divaksinasi semuanya dengan aman dan sehat menggunakan Vaksin jenis Sinovac dengan melibatkan 35 Tenaga Kesehatan dari Balai Pengoban (BP) Lanal Banjarmasin, Dinkes Kota Banjarmasin dan Dinkes Kab. Tanah Laut.

Danlanal Banjarmasin Kolonel Laut (P) Herbiyantoko, M.Tr. Hanla didampingi perwira stafnya, saat meninjau mengatakan, kegiatan yang sudah kita laksanakan ini merupakan rangkaian peringatan hari Armada RI, penanaman pohon mangrove di wilayah pesisir ini berfungsi sebagai stabilisator produktivitas sumber daya hayati dan dari aspek fisik mangrove mampu menahanombak dan mencegah abrasi bahkan mampu meminimalisir kerusakan yang diakibatkan oleh tsunami serta menambah penghasilan bagi nelayan pantai.

Disamping itu, mangrove juga sebagai habitat tempat hidup dan berkembang biaknya berbagai jenis ikan dan biota laut bahkan keberadaan hutan mangrove juga memiliki potensi yang sangat besar untuk dikembangkan menjadi objek wisata alam.

"Bakti sosial tersebut semoga dapat bermanfaat dan meringankan beban warga pesisir dalam kehidupan sehari - hari dan Serbuan Vaksinasi Maritim bertujuan untuk menciptakan Herd Immunity dilapisan masyarakat supaya terlindungi dari penyebaran wabah Covid-19," terang Danlanal.

Selama kegiatan dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat, guna menghentikan laju penyebaran dan memutus mata rantai Covid-19. Turut hadir ketua Jalasenastri Cabang 4 Korcab XIII DJA II Ny. Farrah Herbiyantoko dan pengurus, Unsur Muspida dan Forkopimcam, Pramuka Saka Bahari, Pelajar Amnus (Akademi Maritim Nusantara), tokoh masyarakat, serta para tamu dan undangan lainnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar