Bupati Tanah Laut Resmikan Puskesmas Durian Bungkuk

Istimewa

KBRN, Banjarmasin: Bupati Tanah Laut (Tala) HM Sukamta meresmikan pembangunan dan operasional pelayanan Puskesmas Durian Bungkuk, di Desa Durian Bungkuk, Kecamatan Batu Ampar. Peresmian ditandai dengan pembukaan tirai nama oleh Sukamta dan pemotongan pita oleh Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Tala Hj Nurul Hikmah Sukamta.

Dalam keterangannya, Sukamta menekankan bahwa peningkatan fasilitas kesehatan di Tala memang merupakan salah satu fokus pemerintahan yang dipimpinnya. Ia pun bersyukur kini masyarakat Kecamatan Batu Ampar memiliki tambahan satu fasilitas pelayanan kesehatan. 

"Peningkatan fasilitas pelayanan kesehatan memang salah satu fokus kita. Alhamdulillah hari ini bisa kita resmikan pembangunan dan operasional puskesmas baru di Desa Durian Bungkuk. Ini adalah upaya kita bersama dalam meningkatkan pelayanan kesehatan untuk masyarakat khususnya di Kecamatan Batu Ampar", ungkap Sukamta. 

Puskesmas baru di wilayah Kecamatan Batu Ampar ini menurutnya memang sangat diperlukan karena selama ini pelayanan kesehatan kecamatan hanya terpusat di Puskesmas Tajau Pecah. 

"Di Kecamatan Batu Ampar ini kan ada 14 desa, warganya banyak, sehingga kalau hanya dilayani oleh satu Puskesmas Tajau Pecah tentu tidak maksimal. Oleh karena itu kita bangun lagi satu puskesmas agar kualitas pelayanan kesehatan untuk masyarakat bisa meningkat, warga juga ada pilihan dan tidak terpusat ke Puskesmas Tajau Pecah untuk mendapatkan pelayanan kesehatan", tambahnya. 

Lebih lanjut Sukamta menegaskan pentingnya pelayanan kesehatan untuk seluruh lapisan masyarakat, khususnya untuk mempersiapkan generasi Tala yang lebih tangguh sesuai dengan visi pemerintah "Indonesia Emas" tahun 2045 mendatang, yaitu saat Indonesia tepat berusia 100 tahun (1945-2045). 

"Kesehatan itu modal utama. Melalui layanan puskesmas, kita bantu masyarakat memperhatikan kesehatannya, baik sejak pra nikah, masa hamil, melahirkan, anak usia balita, remaja hingga dewasa. Tahun 2045 nanti insya Allah Tala bisa memiliki Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas dengan kesehatan yang baik. Ini upaya kita untuk mewujudkan generasi Tala yang tangguh, berdaya saing, penuh dengan kreasi, inovasi dan generasi pemenang di tahun 2045 nanti", pungkas Sukamta.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar