Antisipasi Banjir Rob, BPBD Kalsel Kirim Perahu Karet di Desa Bunipah

Istimewa

KBRN, Banjarbaru : Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kalimantan Selatan (Kalsel) menyikapi laporan masyarakat terkait bencana air pasang (banjir rob), di Desa Bunipah Kecamatan Aluh-Aluh, di Kabupaten Banjar, Senin (6/12/2021).

Kepala Pelaksana BPBD Kalsel, Mujiyat, mengatakan respons cepat tersebut sesuai dengan arahan Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor, yang meminta SKPD untuk segera menindaklanjuti laporan masyarakat terkait bencana.

“Bawa pasukan, datangi wilayah banjir tersebut,” kata Mujiyat.

Tim BPBD Kalsel yang dipimpin Kepala Sub Bidang Kedaruratan BPBD Kalsel, Dinarja, pun langsung mendatangi Desa Bunipah dengan membawa sebuah perahu karet. 

Menurut laporan masyarakat, banjir rob terjadi pada Minggu malam sekitar pukul 22.00 WITA, dan surut pada pukul 02.00 dini hari.

“Alhamdulillah sekarang sudah normal, keadaan air sekarang karena kebetulan lokasi rumah korban yang melaporkan itu berada di pinggir sungai juga,” ujar Dinarja.

Dinarja pun mengapresiasi masyarakat yang memberikan laporan kepada BPBD Kalsel, sehingga bisa cepat mendapat bantuan.

“Kita juga beterima kasih kepada warga yang begitu respon melapor ke kita, dan Alhamdulillah kita tindak lanjuti atas pemerintah dari Bapak Gubernur melalui Kepala BPBD, agar apapun, bagaimanapun, siapapun yang melaporkan kejadian bencana wajib ditindaklanjuti dengan cara kroscek lapangan,” kata Dinarja.

Mashan Ali, salah satu warga menyebutkan bahwa banjir rob yang terjadi itu baru pertama kali dirasakan, dengan ketinggian air di dalam rumah mencapai betis orang dewasa.

“Baru kali ini kami dapat banjir seperti ini, jika banjir yang terjadi pada tahun lalu tidak sampai masuk ke dalam rumah,” ujar Mashan. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar