RSUD Daha Sejahtera HSS Segera Miliki Fasilitas Cuci Darah

KBRN, Kandangan : Salah satu pelayanan yang sangat dihajatkan oleh masyarakat pada umumnya adalah fasilitas kesehatan. Untuk itu berbagai fasilitas dan sarana kesehatan terus diupayakan Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), salah satunya di Rumah Sakit Daha Sejahtera yang diperuntukkan bagi masyarakat di 3 Kecamatan, Daha Selatan, Daha Utara dan Daha Barat.

Hal ini dilakukan untuk melengkapi dan meningkatkan fasilitas Kesehatan ke tengah-tengah masyarakat agar lebih mudah dijangkau baik dari segi jarak maupun biaya perjalanan. 

Sementara terkait sarana dan fasilitas kesehatan yang akan dilengkapi di RS Daha Selatan salah satunya adalah fasilitas hemodialisis atau perangkat cuci darah.

Saat menerima kunjungan DR. M. Rudiansyah, M. Kes, SP.PD-KGH, FINASIM, Korwil Perhimpunaan Nefrologi Indonesia (Pernefri) Jawa Timur & Kalimantan Selatan, Bupati Hulu Sungai Selatan, Drs. H.Achmad Fikry, M.AP menjelaskan bahwa keinginan untuk menyediakan fasiltas Hemodialisi di RSUD Daha Sejahtera didorong latar belakang kesulitan masyarakat yang harus cuci darah ke RSUD Hasan Basry Kandangan.

Selama ini Pemkab Hulu Sungai Selatan sudah berusaha untuk meringankan beban mereka dengan menyediakan transportasi gratis, bagi pasien cuci darah yang berasal dari Daha. Namun menurut Bupati HSS akan lebih baik lagi jika fasilitas cuci darah tersebut ada  di RS Daha Sejahtera. 

"Alhamdulillah, jika fasilitas cuci darah ada di RS Daha Sejahtera, masyarakat tidak perlu jauh-jauh lagi ke Kota Kandangan yang berjarak 30 KM. Inilah upaya dan wujud perhatian yang terus kita lakukan, untuk mendekatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat,” ungkap Bupati.

Sementara dr, Rudiansyah yang juga Ketua IDI Kalsel sebelumnya telah melakukan kunjungan langsung ke RS. Daha Sejahtera, banyak memberi masukan terkait syarat-syarat yang harus dipenuhi untuk izin operasional.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar