Bupati Tanah Laut Inginkan Pembangunan Pertanian Berorientasi Bisnis

Istimewa

KBRN, Banjarmasin: Bupati Tanah Laut (Tala) HM Sukamta menginginkan pembangunan pertanian di Tala dapat berorientasi ke dalam bidang bisnis. 

“Hasil pertanian kita harus lebih ditingkatkan, agar para petani mendapatkan keuntungan yang lebih baik serta kita harus bergerak dalam agribisnis yang berorientasi ke bisnis bukan hanya menghasilkan komoditas,” ucapnya.

Sukamta mengatakan, pembangunan lumbung pangan tersebut merupakan salah satu jaring pengaman bagi Gapoktan Desa Damit dalam menghadapi masa panen, “Ketika masa panen tiba, harga menjadi turun dan biasanya dipermainkan para makelar,” jelasnya.

Menurutnya pembangunan lumbung ini juga dapat menjadi sebuah keuntungan bagi para petani dalam menyiasati harga beras. Dirinya juga meminta para petani untuk mengemas beras dengan kemasan yang menarik, sehingga harga jualnya menjadi lebih baik.

“Kita memiliki rumah kemasan di Ambungan, disana nanti kita akan belajar bagaimana beras kita dikemas dengan menarik dan dapat dipasarkan ke ritel bahkan keluar daerah,” jelasnya. 

Bupati berharap pertanian di Tala dapat lebih meningkat disisi produktivitas, kualitas dan infrastruktur, agar dalam penjualan mendapatkan harga yang pantas untuk dinikmati para petani Tala.

Dirinya juga mengucapkan terimakasih kepada Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Kalimantan Selatan yang terus memberikan dukungan terhadap petani Tala, sehingga mendapat Dana Alokasi Khusus (DAK) dalam program pembangunan ketahanan pangan. 

Sementara itu Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (DKPP) Tala Rizayadi menuturkan bahwa pembangunan lumbung pangan masyarakat, RMU dan lantai jemur rumah RMU adalah salah satu program pengelolaan sumber daya ekonomi untuk kedaulautan dan kemandirian pangan. Selain itu DKPP Tala juga telah membangun lumbung pangan dan lantai jemur di Desa Benua Raya serta Desa Padang.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar