Menjangkau Sekolah Hingga Ke Pelosok, Dispersip Kalsel Hadirkan Trail Pustaka

Suasana di SDN Surgi Mufti 4 Banjarmasin

KBRN, Banjarmasin : Guna meningkatkan minat baca dan literasi generasi muda, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Selatan (Kalsel) melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kalsel menurunkan sejumlah trail pustaka ke SDN Surgi Mufti 4 Banjarmasin belum lama ini.

Kedatangan trail pustaka ini pun disambut antusias oleh anak-anak setempat, dimana mereka langsung menyerbu buku-buku yang telah di bawa oleh tim trail pustaka Dispersip Kalsel tersebut.

Kepala Dispersip Kalsel, Nurliani Dardie mengatakan, pengerahan trail pustaka ini dilakukan untuk menjangkau sekolah-sekolah yang letaknya tidak bisa dijangkau oleh mobil perpustakaan keliling, meskipun ditengah perkotaan.

“Bukan cuma di wilayah pedesaan tapi tidak sedikit sekolahan-sekolahan di perkotaan  yang letaknya ada di dalam gang sempit, yang tidak bisa dilewati kendaraan roda empat. Makanya kami turunkan unit trail pustaka kami agar bisa menjangkau mereka, dan meningkatkan kegemaran membaca mereka,” kata Nurliani di Banjarmasin.

Kunjungan tim trail pustaka Dispersip Kalsel inipun turut diapresiasi oleh para guru SDN Surgi Mufti 4 Banjarmasin. Hal tersebut diungkapkan oleh Zainal Abidin, salah seorang guru di sekolah tersebut.

Zainal mengaku senang dan bersyukur atas kedatangan trail pustaka Dispersip Kalsel ini, karena selama pihaknya masih kesulitan untuk mendapatkan bahan bacaan terbaru dan berkualitas untuk anak-anak didiknya.

“Alhamdulillah dengan datangnya trail pustaka Dispersip Kalsel ini, anak-anak kami bisa membaca buku yang bervariasi, berkualitas, dan terbaru. Kami ucapkan terima kasih kepada Kepala Dispersip Kalsel yang telah menggerakkan trail pustaka untuk menjangkau anak-anak di daerah pelosok atau yang tidak bisa dijangkau oleh mobil,” ucap Zainal. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar