Wabup Tala Arahkan TKPKD Tekan Angka Kemiskinan

Istimewa

KBRN, Banjarmasin: Bupati Tanah Laut (Tala) Abdi Rahman memberikan arahan kepada jajaran Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Daerah (TKPKD) untuk melakukan langkah percepatan menekan angka kemiskinan di Tala. 

"Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan camat sebagai anggota TKPKD harus terus mengevaluasi langkah-langkah yang sudah dilakukan dan memetakan permasalahan dilapangan, kita cari solusi dan tindak lanjutnya agar angka kemiskinan di Tala bisa terus kita turunkan khususnya di masa pandemi ini", ujarnya. 

Lebih lanjut Abdi Rahman meminta para anggota TKPKD untuk tidak hanya mengandalkan dana daerah dalam penyaluran bantuan sosial. Pihaknya mengarahkan SKPD terkait untuk terus menjalin sinergi dan mencari peluang di kementerian atau pemerintah pusat maupun lembaga swasta untuk bersama-sama membantu penanganan kemiskinan di Tala. 

"Anggaran kita tentunya terbatas dan diprioritaskan untuk pembangunan, kita tidak bisa hanya bergantung pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD), kita perlu bekerja sama dengan pihak kementerian dan swasta dalam percepatan penanganan kemiskinan di masyarakat", imbuh Abdi Rahman. 

Terkait penyaluran jenis bantuan sosial untuk masyarakat, Abdi Rahman meminta SKPD terkait untuk terus memperbaharui data penerima bantuan di lapangan. Ia tidak ingin ada kerancuan atau persoalan dalam penyaluran bantuan sosial. 

"Dinas terkait tolong jalin terus komunikasi dan koordinasi di lapangan dengan pihak kecamatan dan pemerintah desa. Pastikan data warga miskin terus diperbaharui dan indikator kemiskinannya jelas. Jadi kita dalam menyalurkan bantuan juga tidak salah. Pastikan bantuan sosial yang disalurkan tepat sasaran", pungkasnya. 

Turut berhadir pada rapat tersebut, Kepala Bappeda Tala Andris Evony, Plt Kepala Dinas Sosial Tala H Hairul Rijal, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian (Disnakerind) Tala Masturi, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Tala Hj Norhayati, perwakilan SKPD dan para camat se-Tala.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar