Kalsel Catatkan Tingkat Kemiskinan Terendah Se-Indonesia

Istimewa

KBRN, Banjarmasin: Kalimantan Selatan (Kalsel) masih menjadi provinsi dengan tingkat kemiskinan terendah di Pulau Kalimantan, bahkan di Indonesia dengan angka 4,56 persen di bulan September 2021, berdasarkan data yang dirilis Badan Pusat Statistik (BPS) Kalsel.

“Tingkat kemiskinan Indonesia pada September 2021 sebesar 9,71 persen atau turun 0,43 persen dibanding Maret 2021. Tingkat kemiskinan provinsi-provinsi Pulau Kalimantan pada periode yang sama berada di bawah rata-rata nasional, terendah terjadi di Kalsel dengan 4,56 persen bahkan merupakan yang terendah se-Indonesia,” kata Kepala BPS Kalsel, Yos Rusdiansyah.

Sementara, tingkat kemiskinan tertinggi di Pulau Kalimantan terjadi di Kalimantan Barat dengan angka 6,84 persen, dengan jumlah penduduk miskin sebanyak 354 ribu orang. Di Kalsel, secara jumlah penduduk miskin tercatat sebanyak 197,76 ribu orang.

Meskipun menjadi provinsi dengan tingkat kemiskinan terendah pada September 2021, Yos menyebutkan pada periode September 2020 hingga Maret 2021, Kalsel sempat mencatatkan tingkat kemiskinan tertinggi dalam 10 tahun terakhir, sebagai dampak dari pandemi COVID-19.

“Tingkat kemiskinan membaik yang ditandai dengan penurunan baik pada persentase maupun jumlah penduduk miskin,” kata Yos. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar