Sukamta Ikut Paman Birin Promosikan Wisata Banua Ke Menparekraf.

Bupati Tanah Laut HM Sukamta menyerahkan Souvernir kepada Menparekraf, Sandiaga Uno

KBRN, Banjarmasin: Bupati Tanah Laut (Tala) HM Sukamta turut hadir bersama Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel) H Sahbirin Noor serta Bupati dan Walikota se-Kalsel saat melakukan audiensi bersama Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Sandiaga Salahudin Uno di Kantor Kemenparekraf Jakarta.

Kedatangan rombongan Paman Birin, bupati dan walikota se-Kalsel tersebut disambut hangat langsung oleh Menteri Parekraf Sandiaga Salahudin Uno beserta jajarannya.

Dalam audiensi tersebut, Paman Birin sapaan akrab Gubernur Kalsel ini, menyampaikan kepada Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI beragam upaya untuk mendorong sektor pariwisata dan ekonomi di Kalsel tahun 2021-2026 guna mewujudkan visi Kalimantan Selatan, yakni Kalsel Maju sebagai Gerbang Ibukota Negara serta mendorong sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Kalimantan Selatan.

Paman Birin menyampaikan, Kalsel memiliki potensi yang cukup beragam di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif, baik wisata alam, budaya, religi, maupun wisata buatan.

Untuk memaksimalkan potensi tersebut, kendala seperti keterbatasan anggaran, infrastruktur pendukung pariwisata dan ekonomi kreatif yang belum memadai, hingga sinergi kemitraan dalam pemasaran wisata dan ekonomi kreatif yang belum optimal harus segera diatasi.

“Salah satu upaya komitmen daerah dalam mengembangkan pariwisata Kalimantan Selatan yaitu disusunnya peraturan gubernur terkait usulan Destinasi Pariwisata Prioritas (DPP) Kalimantan Selatan tahun 2021-2026, yang nantinya diharapkan menjadi penggerak perekonomian masyarakat sekitar destinasi pariwisata,” kata Paman Birin.

Selain juga, Paman Birin berharap dukungan penuh terhadap penetapan kawasan makam Datu Kalampayan menjadi objek wisata religi nasional, dukungan penetapan Geopark Meratus menjadi member global geopark network Unesco serta dukungan pengembangan kawasan kiram park sebagai objek wisata di Kalimantan Selatan.

Menteri Parekraf Sandiaga Salahudin Uno mengatakan, pihaknya akan menyusun tanggal untuk bertemu dengan Kepala Dinas Pariwisata yang ada di Kalsel.

Kedatangan Menparekraf untuk membicarakan secara terperinci terkait pengembangan sektor pariwisata dan ekonomi di Kalsel.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar