20 Klien Disabilitas PRSPD Iskaya Banaran Menyelesaikan Bimbingan Keterampilan

Foto bersama pada pelepasan klien Panti Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Iskaya Banaran Dinsos Kalsel.

KBRN, Banjarbaru : Sebanyak 20 klien Panti Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas (PRSPD) Iskaya Banaran Dinas Sosial (Dinsos) Kalimantan Selatan (Kalsel) telah menyelesaikan bimbingan keterampilan yang dilaksanakan selama enam bulan.

Kepala Dinsos Kalsel, Siti Nuriyani mengatakan, para klien telah siap kembali ke keluarga masing-masing dengan membawa bekal pengetahuan dan praktik yang cukup.

“Semua berjalan lancar, anak-anak disabilitas bisa menyelesaikan bimbingan dengan baik, dan kita lihat tadi mereka tampil penuh dengan percaya diri, itu bagus, akan lebih mudah melangkah ke depan,” kata Nuriyani, Banjarbaru.

Selain bekal keterampilan, para klien juga mendapatkan bantuan stimulan berupa alat penunjang untuk membuka usaha, seperti perlengkapan menjahit bagi keterampilan tata busana, peralatan bengkel untuk jurusan perbengkelan dan perlengkapan komputer bagi jurusan keterampilan.

“Kami juga berharap agar kabupaten/kota bisa melanjutkan bimbingan kepada para klien, agar bimbingan selama enam bulan ini tidak terhenti dan juga akan terus kami monitoring,” kata Nuriyani.

Sementara itu Kepala PRSPD Iskaya Banaran, Sri Mulyani menambahkan, klien yang mengikuti bimbingan sosial dan pelatihan keterampilan adalah disabilitas fisik, sensorik rungu wicara, dan intelektual.

“Instruktur bimbingan sosial dan pelatihan keterampilan berasal dari Kementerian Agama Kota Banjarbaru, Rindam IV Mulawarman, Balai Latihan Kerja Provinsi Kalsel, dan dari Roemah Faleri Harmoni,” kata Sri.

Selain itu materi bimbingan sosial dan pelatihan keterampilan yang diberikan selama enam bulan di panti adalah bimbingan kedisiplinan, bimbingan kemandirian, bimbingan kepribadian, bimbingan psikologi, bimbingan mental spritual, dan bimbingan keterampilan.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar