Musim Pancaroba Warga Dihimbau Jaga Kesehatan 

KBRN, Banjarmasin  :  Kondisi cuaca sedang pancaroba mempengaruhi kesehatan masyarakat, daya tahan tubuh, yang disebutkan Kadinkes Kalsel dr Dia Uddin M Kes, menimbulkan berbagai penyakit yang disebabkan oleh virus.

Dikatakan, penyakit-penyakit yang disebabkan oleh virus seperti batuk maupun pilek dan virus ini memang tidak ada obatnya. Sehingga untuk pencegahannya harus menguatkan imun.

"Menguatkan imun dengan cara makan dan istirahat yang cukup dan olahraga," jelasnya.

Disebutkan, tipe-tipe olahraga memang beda-beda dan disesuaikan dengan orangnya, usia yang bersangkutan dan kebiasaan yang bersangkutan.

"Misalnya berat badannya dan lain-lain. Yy gemuk. Sakit lutut tidak dianjurkan untuk olahraga yang bebannya di lutut. Terlalu berat. Misalnya lari atau apa. Jadi cukup jalan atau renang. Jadi disesuaikan. Itu bisa konsultasi ke Tenaga Kesehatan terdekatlah. Disesuaikan," tambahnya.

Kata Dia Uddin, tujuan olahraga juga menjadi patokan. Misalnya untuk menjadi atlet, olahraganya bisa 5 kali seminggu. Tapi kalau tujuannya cukup untuk menjaga kesehatan, bisa 2 sampai 3 kali seminggu. Tapi kalau dibawah itu, bukan olahraga namanya, hanya rekreasi.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar