Dsidikbud Kalsel Gelar Lomba Mural Guna Salurkan Kreativitas Warga

Istimewa

KBRN, Banjarmasin : Untuk memberikan wadah menyalurkan kreaativitas masyarakat sekaligus memeriahkan Hari Jadi ke 72 Provinsi Kalimantan Selatan dan HUT ke 77 RI, Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalsel seksi cagar budaya dan permuseuman akan menggelar lomba mural tingkat umum.

Kepala Disdikbud Provinsi Kalsel, Muhammadun melalui Kepala Bidang Kebudayaan, Raudati Hildayati mengungkapkan perlombaan mural ini merupakan yang pertama kali dilaksanakan.

“Kami ingin meliat antusias masyarakat untuk lomba mural ini dan ternyata yang mendaftar cukup banyak yaitu 45 orang,” ucapnya, Banjarmasin, (15/8/2022).

Lanjut ia menjelaskan, dalam perlombaan kali ini pihaknya mengangkat tema “perjuanganmu, perjuanganku, perjuangan kita” yang memiliki arti perjuangan yang dilakukan saat ini bukanlah untuk melawan masyarakat atau penduduk Indonesia, namun untuk merangkul dan mengajak setiap pihak, bekerja sama dalam membangun negeri menjadi lebih kuat dan makmur.

Ia berpesan kepada peserta agar kesempatan ini digunakan dengan sebaik-baiknya, terutama dalam menyangkut teknis, tata tertib, dan segala hal tentang lomba mural yang akan diadakan dengan protokol kesehatan.

“Kami berharap perlombaan ini dapat memberikan manfaat yang besar bagi para peserta untuk kemajuan budaya banua bangsa kita dan lebih mengenal Perjuangan Kalimantan atau Revolusi Fisik di Museum Wasaka,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Seksi Cagar Budaya dan Permuseuman Bidang Kebudayaan Provinsi Kalsel, Arry Risfansyah menambahkan untuk lomba ini dilaksanakan secara beregu.

“Yang mana di setiap regu terdiri dari tiga orang,” katanya.

Untuk perlombaan ini menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) Biaya Operasional Pendidikan (BOP) non fisik Museum Wasaka tahun 2022.

Untuk juri lomba mural ada tiga orang yaitu Ketua Ikatan Pelukis Kalsel, Musli, Seniman, M. Syahril Noor dan Kasi Kesenian Disdikbud Kalsel, Sunjaya.

“Juara 1,2 dan 3 nantinya akan mendapatkan uang pembinaan sebesar Rp5 juta, Rp3,5 juta dan Rp2,5 juta,” tegasnya.

Untuk diketahui pemenang lomba mural berasal dari kota Banjarmasin dengan nilai 746 yang berjudul “Jasamu”. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar