Kantor Kemenkumham Kalsel Kebanjiran, Kakanwil: Tidak ada Alasan tidak Melayani Masyarakat!

Istimewa

KBRN, Banjarmasin: Pasang surut air laut di Kalimantan Selatan khususnya di muara Sungai Barito dan Kotabaru diprediksi masih akan terjadi hingga tanggal 9 Desember 2021 besok. Hal ini menyebabkan sebagian di Banjarmasin terendam banjir rob, wilayah Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Selatan.

Dikutip dari pemberitaan di media, Forecaster on Duty Bidang Informasi Meteorologi Maritim BMKG, Wilmar Rajagukguk Senin (6/12/2021) mengatakan, berdasarkan prediksi yang dikeluarkan oleh BMKG maritim terjadi peningkatan permukaan air laut atau pasang. 

"Hal itu karena fase bulan baru dan juga perigee yang merupakan jarak terdekat dengan bumi sehingga pasut (pasang air laut) menjadi lebih tinggi," ucapnya. 

Merespon kondisi dan situasi yang terjadi saat ini, Tejo Harwanto selaku Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Selatan menyampaikan bahwa pelayanan kepada masyarakat tetap dilaksanakan dan menambahkan permintaan jika akses di Kantor Wilayah sedikit terganggu. Meskipun layanan tatap muka menjadi terhambat, Kanwil Kemenkumham Kalsel melalui inovasinya tetap memberikan layanan tetapi kepada masyarakat dengan mengakses Kringkring Bungas yang dapat diakses melalui laman http://biolinky.co/kumhamkalsel.

"Inovasi Kringkring Bungas merupakan solusi untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat yang membutuhkan Kanwil Kemenkumham Kalsel melalui live chat yang terhubung dengan petugas yang bersangkutan. Meskipun saat ini kantor kami kebanjiran tetapi tidak ada alasan untuk layanan langsung bagi masyarakat," katanya. 

Melalui Layanan Kringkring Bungas masyarakat dapat mengakses Layanan Umum dan Pengaduan; Layanan Administrasi Hukum Umum (pendaftaran Notaris, fidusia, Perseroan Terbatas, Legalisasi, Yayasan); Layanan Perpustakaan JDIH dan Bantuan Hukum; Komunikasi Layanan Masyarakat; Layanan Informasi Pemasyarakatan; Layanan Informasi Keimigrasian; Layanan Kekayaan Intelektual; Layanan Informasi Fasilitasi Pembentukan Hukum. 

Untuk mengantisipasi banjir yang masih diperkirakan akan terjadi dalam beberapa waktu ke depan, Kakanwil juga menginstruksikan kepada pegawai untuk mengelola aset kantor agar tetap aman dan kondusif meski harus berijibaku dengan bencana banjir yang terjadi pada tahun 2021 ini.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar