Grup musik Panting Intan Pengayoman, Upaya Lapas Karang Intan Lestarikan Budaya Banua

Grup musik Panting Intan Pengayoman memfasilitasi bakat bermusik warga binaan sebagai upaya pelestarian budaya.

KBRN, Banjarmasin: Musik tradisional merupakan budaya daerah yang harus tetap lestari di tengah gempuran musik kekinian, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Selatan melalui Lapas Narkotika Karang Intan, membentuk wadah “Intan Pengayoman” memfasilitasi bakat bermusik warga binaan sebagai upaya pelestarian budaya.

Intan Pengayoman merupakan grup musik panting beranggotakan warga binaan yang tergabung dalam pembinaan bermusik di bawah Seksi Kegiatan Kerja, sering kali tampil menghibur masyarakat dan pejabat pada acara-acara resmi, terbaru ‘Intan Pengayoman’ tampil apik sambut kunjungan Wakil Bupati Banjar H. Said Idrus Al-Habsyi bersama Sekda H. M Hilman saat kunjungi Lapas Narkotika Karang Intan beberapa waktu lalu.

Kepala Lapas Narkotika Karang Intan Wahyu Susetyo mengungkapkan, hadirnya Intan Pengayoman kontribusi nyata pelestarian budaya daerah yang dilakukan disamping memfasilitasi bakat seni yang dimiliki warga binaan sehingga menjadi karya yang bisa dinikmati oleh semua.

“Warga binaan memiliki banyak kebisaan, salah satunya bermain musik tradisional panting, kita fasilitasi dengan Intan Pengayoman sehingga bakat yang dimiliki terakomodir dengan baik dan menghasilkan sesuatu yang bisa dinikmati, juga bentuk perhatian kita terhadap pelestarian budaya daerah setempat,” ungkap Wahyu Susetyo, Selasa (16/8/22).

Dikawal petugas, rombongan Intan Pengayoman bergerak menuju Lapas Banjarbaru yang dilepas langsung oleh Kalapas. Intan Pengayoman harus melakukan persiapan penampilan pada acara penyerahan Remisi Umum 17 Agustus yang rencana akan dihadiri Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor dan Kepala Kantor Wilayah Lilik Sujandi.

“Besok Intan Pengayoman tampil pada kegiatan penyerahan remisi umum 17 Agustus yang rencana akan dihadiri langsung oleh Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor dan pejabat tinggi lainnya, jadi mereka berangkat hari ini dengan pengawalan petugas untuk persiapan penampilan besok,” tambahnya.

Pengampilan bermusik Intan Pengayoman tidak kalah dengan grup musik sejenis yang di luaran, sederet acara yang pernah menghadirkan Intan Pengayoman diantaranya: gelaran Road Modified Show & Contest di Qmall Banjarbaru, Visitasi Musem Lambung Mangkurat jajaran Kantor Wilayah Kemenkumham Kalsel dan Peringatan Hari Anak Nasional tahun 2022 di LPKA Martapura.

“Kami sangat bangga dan beruntung, bersama Intan Pengayoman bisa kembali tampil untuk kedua kalinya pada kegiatan yang menghadirkan Gubernur Kalimantan Selatan,” ucap Ramadhana personil Intan Pengayoman singkat selepas lakukan gladi di Lapas Banjarbaru untuk penampilan pada acara penyerahan Remisi Umum 17 Agustus 2022.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar