Gubernur Kalsel Serahkan Remisi Untuk Warga Binaan Lapas Banjarbaru

Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor menyerahkan SK Remisi Untuk Warga Binaan Lapas Banjarbaru

KBRN, Banjarmasin: Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Selatan (Kalsel), melalui Lapas Banjarbaru, menggelar penyerahan Remisi Umum bagi narapidana dan anak dalam rangka Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke 77, di Lapas Kelas II B Banjarbaru, Rabu (17/8/2022).

Pemberian remisi ini dihadiri langsung oleh Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor, beserta jajaran Forkopimda Kalsel.

Pemberian remisi dibagi menjadi 2 (dua) yaitu Remisi Umum I (RU-I) yang mengurangi masa menjalani pidana dan Remisi Umum II (RU-II) yang juga mengurangi masa pidana sekaligus memperoleh kebebasan. 

Adapun besaran remisi yang diberikan mulai dari 1 bulan, 2 bulan, 3 bulan, 4 bulan, 5 bulan dan 6 bulan sesuai dengan ketentuan dan masa menjalani pidana. 

Sebanyak 1554 orang narapidana yang menerima reimisi dalam kegiatan kali ini, 1479 orang yang menerima RU I, dan 67 orang yang menerima RU II, yang akan diserahkan secara simbolis oleh Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Selatan, Lilik Sujandi mengatakan, bahwa pada tahun ini sebanyak 6.958 orang narapidana dan anak di Kalsel yang memenuhi syarat dan menerima remisi umum yang diserahkan bertepatan dengan hari kemerdekaan Indonesia. 

Dari total 6.958 orang yang menerima remisi, ada sebanyak 255 narapidana dan anak yang akan langsung bebas dan selesai menjalani masa pidana.

“Pemberian remisi hari ini adalah bukti bahwa Negara hadir bagi masyarakat dan kemerdekaan adalah hak bagi segenap lapisan masyarakat tak terkecuali warga binaan pemasyarakatan. Namun remisi umum ini hanya diberikan bagi mereka yang memenuhi syarat, tidak diberikan kepada narapidana yang melanggar aturan seperti misalnya melarikan diri maupun mengedarkan narkoba,” ujar Lilik.

Lenyampaian remisi merupakan bentuk apresiasi dan penghargaan bagi WBP yang telah berkelakuan baik serta berkomitmen dalamn mengikuti program-program yang telah dilaksanakan oleh UPT Pemasyarakatan.

“Selamat atas remisi yang diterima tahun ini bagi seluruh WBP di Lapas/Rutan/LPKA seluruh Indonesia. Saya berpesan, tunjukkan sikap dan perilaku yang lebih baik lagi dalam mengikuti seluruh tahapan, proses, kegiatan program pembinaan yang akan datang dan bagi yang mendapatkan remisi sekaligus memperoleh kebebasan saya ucapkan selamat merajut tali persaudaraan di tengah keluarga dan masyarakat,” ucapnya.

Sementara itu, Kalapas Banjarbaru, Amico Balalembang mengungkapkan, dalam remisi tahun ini, sesuai SK ada sebanyak 67 orang yang mendapat RU II.

"24 orang yang langsung bebas hari ini, dan 43 orang yang masih menjalani subside atau denda," ungkap Amico.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar