Tingkatkan Pelayanan Daerah, Pemkab Balangan Terapkan Aplikasi Puja Indah

KBRN, Balangan : Pemerintah Kabupaten Balangan melakukan kesepakatan bersama dengan Badan Penelitian dan Pengembangan (BPP) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI terkait Replikasi Penerapan Pusat Jejaring Inovasi Daerah (Puja Indah).

Puja Indah merupakan aplikasi layanan pemerintahan berbagi pakai, berbasis data input yang dikembangkan oleh Kemendagri untuk mempercepat layanan pemerintahan melalui layanan elektronik dalam satu platform layanan.

Menurut Wakil Bupati Balangan, Supiani sebagai perwakilan dari pemerintah provinsi/ kabupaten/ kota yang melaksanakan kesepakatan bersama dengan Kemendagri terkait Puja Indah.  Menurutnya tujuan penerapan replikasi inovasi daerah itu, antara lain untuk mempercepat terwujudnya kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan pelayanan publik, memberdayakan peran serta masyarakat dan peningkatan daya saing daerah, khususnya di Kabupaten Balangan.(ip balangan)

"Kita sangat bersyukur karena Kemendagri mendorong dan memfasilitasi kemajuan daerah melalui berbagai kebijakan salah satunya dengan membangun aplikasi Puja Indah. Sehingga dengan kita terapkannya aplikasi ini dapat meningkatkan pelayanan publik dan kinerja pemerintah daerah," ungkapnya.

Disampaikan Supiani, melakukan inovasi tidak selalu dengan teknologi saja. Akan tetapi ada juga yang lebih menuntut keikhlasan. Seperti halnya inovasi daerah Balangan yaitu PUBERTAS (Puskesmas Berjalan Di Tapal Batas) yang baru saja terpilih sebagai Top 45 Terpuji dalam KIPP 2021 oleh Kemenpan-RB.

Karena inovasi PUBERTAS tersebut dilakukan utamanya untuk melayani masyarakat Balangan yang tinggal di wilayah-wilayah terpencil dan tidak terjangkau oleh moda transportasi apapun.

Terakhir Supiani menyebutkan inti inovasi ini adalah mendekatkan pelayanan, memudahkan masyarakat memenuhi kebutuhannya, dan memudahkan arus informasi dari bawah ke atas. Sehingga terciptanya masyarakat madani, berdaya dan mandiri. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar