FOKUS: #TANGGAP BENCANA

Longsor Landa Pulau Maradapan, Puluhan Rumah dan Sekolah Rusak

KBRN, Kotabaru : Tanah longsor melanda Pulau Maradapan Kecamatan Pulau Sembilan Kabupaten Kotabaru dan menyebabkan puluhan bangunan rumah rusak, Senin (29/11/2021).

"Karena keterbatasan sinyal di sana jadi informasi tersendat, tapi kalau kejadian betul ada," ujar Kepala Desa Maradapan Ghazali Rahman.

Ia sendiri sedang tak berada di pulau dan hanya mendapat laporan dari aparat desa melalui telepon. Berdasarkan informasi yang diterimanya, tanah longsor terjadi di wilayah RT 03, RT 04, dan RT 05.

"Kalau saya hitung mulai dari pinggir sampai ke bawah ada sekitar 31 buah rumah yang kena," katanya.

Selain rumah-rumah warga, juga terdapat bangunan sekolah yang mengalami kerusakan akibat terkena material longsor dari gunung di tengah-tengah pulau kecil itu.

"TK hancur, lalu sekolah baru dibangun juga rusak," tambahnya.

Soal penyebab longsor, ia menyebut bahwa sejak malam sebelumnya hujan deras mengguyur Pulau Maradapan hingga sempat memicu banjir bandang.

Lalu sekitar pukul 12.00 WITA, longsor pertama terjadi, namun di luar daerah perkampungan. Tak berselang lama, tiba-tiba menyusul longsor yang lebih besar menimpa pemukiman warga.

Sampai tadi sore, pergerakan tanah dilaporkan masih terus berlangsung dan membuat warga dihinggapi rasa takut.

Menyikapi itu, pihak desa mengarahkan warga untuk mengungsi ke kantor desa yang lokasinya dirasa cukup aman karena berada di dataran rendah.

Akan tetapi banyak yang lebih memilih mengungsi dengan menaiki perahu-perahu kecil untuk berlindung ke tempat yang lebih teduh.

"Semua warga khawatir, yang rumahnya tidak kena ikut mengungsi juga karena tidak merasa aman," kata Ghazali.

Terkait itu, dirinya berharap ada bantuan kapal berukuran besar yang bisa digunakan sebagai pengungsian sementara bagi warga.

"Kalau kapal pejala kurang nyaman dan masih berisiko," ucapnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar