Bupati Tala : Waspada!!! Malam ini Volume Air Laut Paling Tinggi

KBRN, Tala : Banjir rob yang terjadi di Kalimantan Selatan membuat Pemkab Tala dan pemangku kepentingan terkait langsung bergerak cepat untuk menanggulangi bencana alam tersebut.

Kepada RRI.co.id Bupati Tala HM Sukamta menjelaskan, hari ini Rabu (8/12/2021)  sudah menginstruksikan semua petugas turun ke lokasi rawan bencana banjir rob.

"Volume pasang air laut sekarang di atas angka normal 1,75 meter. Sementara malam ini 2,65 meter yang menurut BMKG merupakan yang tertinggi dalam minggu ini jadi masyarakat terutama yang berada dipesisir agar meningkatkan kewaspadaannya," jelas Sukamta, usai pembina apel kesiapsiagaan bencana di Tala.

Namun Sukamta memastikan TNI, POLRI, BPBD, dan semua personil beserta perlengkapan dan peralatan tanggap bencana sudah meluncur ke daerah pesisir yang sangat rentan terkena dampak banjir rob sehingga masyarakat jangan panik.

Ditambahkannya, sejumlah rumah warga di Muara Kintap yang sebelumnya rusak akibat diterjang ombak juga sudah mulai didata.

"Sembilan rumah yang rusak akibat gelombang pasang sudah data,  BPBD dan aparat desa juga sudah membuat dapur umum. Dinsos juga sudah turun untuk menghitung berapa kerugian akibat kejadian tersebut,"katanya.

Ada beberapa desa di kabupaten Tanah Laut kata Sukamta yang sangat beresiko banjir rob diantaranya Desa Sungai Rasau,  Pantai Harapan, Desa Bawah Layung, Pagatan besar, Telaga Langsat, dan Muara asam -asam. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar