Plt Bupati HSU Hadiri Pembukaan Expo Indonesia Maju 2022

Photo : Istimewa

KBRN, Amuntai : Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Hulu Sungai Utara (HSU), Husairi Abdi menghadiri grand opening Indonesia Maju Expo dan Forum 2022 di Jakarta Convention Center (JCC), Kamis (26/5/2022).

Acara yang dibuka langsung oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Suhajar Diantoro tersebut, berlangsung selama empat hari pada 26-29 Mei 2022 diikuti oleh peserta UMKM dari Instansi Pemerintah Kabupaten/Kota seluruh Indonesia, Perusahaan Swasta Nasional, Perbankan, dan Pelaku Usaha lainnya.

Suhajar Diantoro mengatakan, pihaknya membuka membuka kegiatan Indonesia Maju Expo dan Forum 2022 sebagai bentuk dukungan terhadap usaha mikro kecil dan menengah dalam mengembangkan pasar mereka.

"Sesungguhnya kita sudah cukup panjang waktu terus mendesak bagaimana produk-produk dalam negeri ini menjadi raja di negara kita sendiri, menjadi tuan di rumah sendiri." katanya.

Suhajar menambahkan, kondisi pandemi telah memukul banyak sektor yang salah satu yang terkena dampak adalah sektor UMKM.

"Padahal UMKM ini menyerap tenaga kerja yang luar biasa banyaknya, yang bisa memberi makan sebagian besar rakyat kita, yang berada pada upaya-upaya pengembangan ekonomi kerakyatan ini," ucap Suhajar.

Berbagai upaya dilakukan mendorong UMKM untuk bangkit, agar produksi berjalan baik dan terutama mendapatkan pasar dalam menyalurkan hasil produksi mereka.

Salah satu upaya memperkenalkan dan menghubungkan produk UMKM dengan pasar yakni lewat kegiatan Indonesia Maju Expo dan Forum 2022.

Lebih lanjut, ia mengatakan tujuan terselenggaranya kegiatan ini guna memberikan dukungan terhadap pelaku usaha industri kecil menengah UMKM agar bisa tetap bertahan dalam kontraksi ekonomi akibat pandemi Covid-19 yang telah berlangsung sejak 2020.

Ia berharap kegiatan Indonesia Maju Expo dan Forum 2022 ampu memberikan efek ketahanan pasar, ketahanan produksi maupun ketahanan perdagangan yang akhirnya bermuara untuk terwujudnya ketahanan nasional di masa pandemi Covid-19.

"Dasar kegiatan yakni dari beberapa ekosistem kebijakan, diantaranya adalah Undang-undang Pemerintahan Daerah, Undang-undang kebijakan stabilitas keuangan dalam rangka menangani pandemi Covid-19 dengan seluruh derivasinya," tuturnya.

Sementara Direktur Ketahanan Ekonomi Sosial Dan Budaya Ditjen Polpum Kemendagri RI, La Ode Ahmad mengajak masyarakat Indonesia untuk berpartisipasi dan bersinergi dengan pemerintah pusat dan daerah dalam perencanaan pembangunan dalam menggali potensi dan keunggulan produk daerah.

"Program ini juga dapat membuka peluang investasi dan kerjasama dalam skala regional dan global dengan memaksimalkan waktu dari peserta atau pengunjung berkompeten, sehingga diharapkan dapat memperkuat budaya lokal dan membangun produk nasional." pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar