Sukamta Ingatkan Perangkat Desa Tidak Pungli

Bupati Tanah Laut

KBRN, Pelaihari : Bupati Tanah Laut (Tala) H. M. Sukamta memimpin Rapat Koordinasi bersama Kepala Desa dan Lurah se Kabupaten Tala di Ruang Rapat Barakat Sekretariat Daerah (Setda) Tala.

Rapat digelar kombinasi tatap muka dan virtual zoom meeting dengan agenda evaluasi dan rencana kelanjutan pelaksanaan program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) di Kabupaten Tala.

Bupati dalam sambutannya mengingatkan kepada seluruh perangkat kelurahan dan desa di Kabupaten Tala untuk menghindari dan tidak menerima pungutan liar pada pelayanan yang diberikan desa kepada masyarakat.

"Kita tidak mau ada kepala desa atau aparat desa kita di Kabupaten Tala melakukan pungutan liar kepada masyarakat terhadap pelayanan yang seharusnya diterima secara gratis," kata bupati.

Sementara itu, Ketua Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) Hadi Rahman mengungkapkan ada empat hal yang harus ditingkatkan dalam pelaksanaan program PTSL di Kabupaten Tala diantaranya yaitu standar pelayanan, administrasi, akuntabilitas dan transparansi laporan, serta sosialisasi kepada masyarakat yang masih belum merata.

“Empat hal inilah yang dapat menjadi catatan untuk dapat ditingkatkan, sehingga kedepan kami ingin kita bersama-sama berkomitmen untuk membangun desa anti maladministrasi,” ungkap Hadi Rahman.

Kepala Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Tala Ahmad Suhaimi mengatakan bahwa pada tahapan pelaksanaan pengerjaan program PTSL banyak dibantu oleh perangkat desa setempat sehingga ia pun optimis target sebanyak 23 ribu sertifikat hak atas tanah di Tala dapat selesai tahun ini.

“Target kita tahun ini sebanyak 23 ribu sertifikat, alhamdulillah sampai saat ini sudah berjalan mencapai 60%. Kita optimis target ini bisa selesai,” kata Suhaimi.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar