FOKUS: #TANGGAP BENCANA

Danrem 101/Antasari Kerahkan Prajurit Evakuasi Warga Terdampak Banjir di HST

KBRN, Banjarmasin : Danrem 101/Antasari Brigjen TNl Firmansyah mengerahkan seluruh Prajurit Kodim 1002/HST dan Yonif 621/Manuntung untuk melakukan evakuasi kepada warga yang terdampak banjir. Minggu (28/11/2021). 

Danrem 101/Ant Brigjen TNl Firmansyah dalam keterangannya menyampaikan bahwa saat ini wilayah Kabupaten Hulu Sungai Tengah dilanda bencana banjir dan hingga saat ini cuaca masih hujan, sehingga debit air masih mengalami kenaikan.

"Menghadapi situasi dan kondisi tersebut saya perintahkan kepada Kodim 1002/HST dan Yonif 621/Mtg untuk terus memantau kondisi air dan melakukan evakuasi kepada masyarakat yang terdampak banjir, ketempat yang lebih aman",jelasnya. 

Kepada seluruh anggota yang bertugas di lapangan dan di desa binaan, Danrem 101/Antasari meminta untuk tetap waspada dan mengutamakan faktor keamanan, guna menghindari kerugian materiil dan personel.

Adapun lokasi terdampak banjir di HST hingga saat ini, yaitu di Kecamatan Batang Alai Selatan (Desa Cukan Lipai dan Desa Tanah Habang).Kemudian, Kecamatan Pandawan (Desa Jaranih, Desa Masiraan, Desa Kayu Rabah, dan Desa Matang Ginalon).

Selain itu, Kecamatan Haruyan (Desa Haruyan dan Desa Haruyan Seberang, Desa Lok Buntar, Desa Mangunang, Desa Mangunang Seberang, Desa Pengambau Hulu, dan Desa Pengambau Hilir Dalam).

Selanjutnya,  Kecamatan Barabai (Desa Mandingin, Barabai Timur, Kelurahan Barabai Utara, Kelurahan Barabai Selatan, Kelurahan Barabai Darat, Desa Benawa Tengah, Desa Pajukungan, Asmil Kodim 1002/HST, Asmil Yonif 621/Manuntung dan Makodim 1002/HST). Juga, Kecamatan Hantakan (Desa Datar Ajab, Desa Pasting, Desa Bulayak, Desa Tilahan, Desa Murung B, dan Desa Hantakan). Serta, Kecamatan Batu Benawa (Desa Aluan Besar, Desa Aluan Mati, Desa Paya Besar, dan Desa Pantai Batung) dan Kecamatan Batang Alai Timur (Desa Nateh).

Adapun upaya-upaya yang dilakukan Korem 101/Antasari, yaitu tetap melaksanakan pemantauan ketinggian debit air Sungai Batu Benawa, Sungai Barabai, Sungai Batang Alai dan Sungai Haruyan.Kemudian, mengevakuasi  masyarakat dan santri yang terjebak banjir.

Selanjutnya, mengimbau kepada masyarakat yg berada daerah aliran sungai barabai untuk sementara waktu tinggal di rumah keluarga yang aman.

Mendirikan tenda posko tanggap darurat bersama BPBD dan Polres HST di Stadion Murakata Desa Mandingin Kecamatan Barabai.

Membantu pengungsian di Stadion Mandingin, Masjid Shulaha, Masjid Agung, SMA 1 dan Gedung Juang, serta mengamankan personel dan material Kodim 1002/HST dan Yonif 621/Manuntung.(rls Korem 101/Ant)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar