FOKUS: #TANGGAP BENCANA

Banjir Balangan Terparah, Empat Kecamatan Terendam

KBRN, Banjarmaain : Hujan dengan intensitas tinggi dalam beberapa hari terakhir, membuat empat kecamatan dan puluhan desa di Kabupaten Balangan, Kalsel terendam banjir.

Bencana ini akibat luapan Sungai di Balangan yang tak bisa lagi menampung debit air yang turun dari wilayah pegunungan disana.

PLT Kepala BPBD Balangan H Rahmi, membeberkan kondisi sekarang disejumlah diwilayahnya masih terendam air Banjir dengan ketinggian antara 30 Cm hingga 1,5 Meter. 

"Untuk wilayah yang paling parah adalah di Kecamatan Juai, dengan sebanyak 3 desa yang terndam dengan ketinggian 1,5 meter," katanya, saat di hubungi Senin (29/11/2021).

Sementara, untuk masyarakat terdampak, menurut Rahmi masih banyak yang memilih bertahan di temmat sanak saudara dan bahkan tetap berada dirumah.

"Kita tidak mendirikan posko pengungsian, tapi ada sebuah masjid yang digunakan masyarakat untuk mengungsi, diisi sekitar 100 orang. Terutama balita dan lansia," jelasnya.

Sementara untuk tahap pemantauan dan evakuasi korban banjir TRC BPBD balangan tidak ada kesulitan karena juga dibantu relawan serta masyarakat disana.

"Alhamdulilah evakuasi aman saja," tegasnya.

Rahmi pun mengatakan, Banjir kali ini adalah yang terparah dari  sebelumnya, namun pihaknya sangat berharap cuaca segera membaik agar debit air tidak kembali naik.

"Karena sebagian wilayah terdamoak debit air mulai surut karena cuaca panas," tutupnya

Adapun data BPBD Balangan wilayah terdampak adalah Desa Puyun, Mamantang, Tabuan, Binuang santang, Mantuyan, Uren, Karya Mauya, Kapul dan Hauwai di Kecamatan Halong serta Desa Lalayau, Mihu dan Bata di Kecamatan Juai.

Kemudian Desa Mayanau, Simpang Bumbuan, Simpang Nadong, Auh, Ju dan Sungsum di Kecamatan Tebing Tinggi serta Desa Tundakan Hulu, Ambakiang, Pulantan, Muara jaya dan Awayan Hilir di Kecamatan Awayan.

Sedangkan beberapa desa lainnya di Kecamatan lain juga terkena banjir seperti Desa Tariwin di Kecamatan Batumandi serta beberapa titik  lokasi di Kelurahan Batu Piring.

Adapun dampak dari bencana Banjir yang menerjang Kabupaten Balangan sedikitnya mengakibatkan ribuan rumah terendam dan juga fasilitas umum serta akses jalan yang putus hingga ratusan jiwa harus mengungsi.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar