FOKUS: #TANGGAP BENCANA

Aksi Cepat Tanggap TNI AL - Lanal Banjarmasin Bantu Korban Banjir HST

KBRN, Banjarmasin :  Dalam rangka aksi penanggulangan dan peduli terhadap korban bencana alam di wilayah Kalimantan Selatan yaitu musibah banjir dan tanah longsor yang meliputi beberapa titik yang terjadi di daerah Barabai Kab. Hulu Sungai Tengah (HST) Provinsi Kalimantan Selatan.

Diketahui bencana tersebut terjadi karena aliran sungai Barabai, sungai batu benawa, baraba, batang alai dan sungai haruyan debit air mengalami peningkatan disebabkan adanya curah hujan yang tinggi, sehingga air meluap dan menggenangi ruas jalan, tempat perkantoran, sarana pendidikan, tempat ibadah dan permukiman warga serta menyebabkan jembatan darurat di Desa alat rusak dan hanyut.

Penyerahan bantuan sosial tersebut berlangsung di Posko utama Stadion Mandingin dihadiri oleh Dandim 1002/HST Letkol Inf M. Isak H. Baharudin dan jajarannya, Asisten Pemerintahan dan Kesra Bpk. Ainur Rofik. Selanjutnya Tim Satgas bergerak dan membagikan bantuan tersebut kepada masyarakat yang membutuhkan, salah satunya di Kelurahan Barabai Selatan Kec. Barabai dan sekitarnya.

TNI AL, dalam hal ini Lanal Banjarmasin telah berpartisipasi penuh dengan aksi cepat tanggap terhadap bencana alam untuk membantu serta menolong terhadap masyarakat yang terdampak bencana,  dengan mengerahkan Prajurit dan tenaga medis sebanyak 17 personel dengan menggunakan sarana dan prasarana yang dimiliki seperti Randis, Sekoci Karet, Motor tempel, Dayung, Swempest serta peralatan pendukung lainnya.

Selain itu, dalam upaya penanggulangan aksi sesamanya, kepada warga yang terdampak, Lanal Banjarmasin telah menyerahkan bantuan sosial berupa Sembako dan makanan serta minuman siap saji dengan cara mengevakuasi warga dan mendatangi langsung kelokasi  banjir.

Danlanal Banjarmasin Kolonel Laut (P) Herbiyantoko, M.Tr. Hanla didampingi Perwira Stafnya saat melepas keberangkatan Tim Satgas menyampaikan, keluarga besar Lanal Banjarmasin turut prihatin atas musibah banjir dan tanah longsor yang menimpa saudara - saudara kita di wilayah Kalsel.

Untuk itu, Lanal Banjarmasin selalu siap siaga dalam bersinergi dengan instansi terkait untuk bersama - sama membantu masyarakat yang membutuhkan yaitu mengevakuasi warga ketempat yang lebih aman, mendristibusikan kebutuhan bahan pokok dan logistik lainnya dengan cepat ke sasaran serta memberikan pelayanan kesehatan.

Semoga musibah banjir ini cepat selesai dan warga dapat beraktivitas dengan baik dan dengan bantuan sosial ini bisa bermanfaat serta dapat meringankan beban warga yang terisolasi dalam mencukupi kebutuhan sehari - hari, terlebih di musim Pandemi Covid-19 belum berakhir," terang Danlanal.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar