Festival Wisata Budaya Pasar Terapung 2022 Kalsel Resmi Dibuka

Jukung hias, meriahkan Festival Pasar Terapung 2022

KBRN, Banjarmasin : Gelaran Festival Wisata Budaya Pasar Terapung Provinsi Kalimantan Selatan, resmi dibuka jumat (12/8/2022) malam.

Gelaran ini terpusat, di pinggiran Sungai Martapura, di kawasan tugu 0 Kilometer Banjarmasin dan berlangsun meriah.

Festival Wisata Budaya Pasar Terapung, adalah rangkaian kegiatan, jelang puncak hari jadi Provinsi Kalimantan Selatan dan juga memeriahkan HUT ke-77 RI.

Msayarakat disungguhkan, dengan berbagai acara, mulai Drama Tari Susur Sungai dan lomba kelotok hias dengan berbagai hiasan yang menunjukan budaya masyarakat Banjar.

Gubernur Kalsel Sahbirin Noor melalui Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setdaprov Kalsel Fajar desira, saat membuka, Festival Wisata Budaya Pasar Terapung menyampaikan, bahwa gelaran ini bukan sekedar bentuk seremonial, namun untuk menjaga kebudayaan banjar dari generasii ke generasi.

"Ini tifak untuk seremonial saja, namun kita ingin menjaga kebudayaan masyarajat kita, agar terus terjaga dari generasi ke generasi," katanya.

Kemudian, gelaran ini, sebagai simbol kekuatan pembangunan daerah, salah satunya di sektor pariwisata, yang saat ini menjadi fokus Pemprov Kalsel untuk membangkitkan ekonomi lewat pariwisata.

"Patiwisata jadi Pemprov Kalsel saat ini, dalam membangkitkan ekonomi pasca pandemi, selain sektor lainnya," jelasnya.

Sementara, Dini warga Banjarmasin, ditemui saat acara Festival Wisata Budaya Pasar Terapung, mengaku sangat antusias, menurutunya upaya pemerintah dalam membangkitkan budaya dan ekonomi pasca pandemi sudah cukup bagus.

"Bagus, meriah acaranya, sudah dua tahun kan kita tidak pernah ada acara seperti ini, akibat covid-19," ucapnya.

Untuk diketahui, Pemerintah Provinsi Kalsel, telah menyiapkan berbagai kegiatan untuk masyarakat, dalam momen Hari Jadi ke 72 tahun 2022 ini.

Kegiatan akan berlangsung hingga senin 15 Agustus nanti, terpusat di kantor Gubernur lama, tepatnya dikawasan siring 0 Km Banjarmasin dengan berbagai lomba, seperti masak, bazar UMKM dan laiinya Pawai Budaya dan Karnaval, Pertunjukan kesenian, kemudian Festival Olahraga Tradisional Sepanjang Jalan lambung mangkurat, hingga Makan gratis Bersama Rakyat dengan jumlah puluhan ribu porsi berbagai makanan khas banjar.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar