Bali United Perpanjang Derita Barito Putera

Bek Barito Putera, Renan Alves berusaha melepaskan diri dari kawalan pemain Bali United

KBRN, Banjarmasin: Kenyataan pahit harus diterima Barito Putera usai dikalahkan Bali United dengan skor 1-2 pada lanjutan pekan kelima BRI Liga 1 2022-2023 di Stadion Demang Lehman, Martapura, Kamis (18/8/2022) petang.

Tampil tanpa sejumlah pemain andalan yang absen karena sakit dan cedera, Laskar Antasari tampil dibawah tekanan sejak peluit sepakmula dibunyikan.

Sebaliknya tim tamu Bali United justru mengambil alih kendali permainan. Sejumlah peluang berhasil mereka ciptakan melalui skema permainan atraktif dari sektor sayap. 

Terus menerus menciptakan peluang, Bali United mampu membuka gol lewat pemain asing mereka, Privat Mbarga. Umpan silang yang dilepaskan Irfan Jaya pada menit ke 24 berhasil disundul Privat Mbarga, yang membuat penjaga gawang Barito Putera, Adhitya Harlan tak berkutik, 0-1 untuk keunggulan Bali United.

Tertinggal 0-1 Barito Putera kembali keluar menyerang, peluang emas yang didapatkan anak asuh Dejan Antonic pada menit ke 28 tidak berhasil dikonversi menjadi gol. Tendangan keras dari Nazar Nurzaidin yang lolos dari jebakan offside masih bisa dimentahkan penjaga gawang Bali United, Nadeo Arga Winata.

Usai turun minum, Laskar Antasari langsung merubah strategi dengan memasukan penyerang barunya yakni Afdal Yusra, menggantikann Beri Santoso dan lini bertahan Donny Monim ditarik keluar digantikan pemain bertahan muda, Yuswanto Aditya.

Serangan demi serangan terus dilancarkan Bayu Pradana cs, ke pertahanan Bali United, baik dari sisi kiri mau pun kanan pertahanan tim tamu.

Namun alih-alih mencetak gol, Barito justru kembali kebobolan. Pada menit ke 64, Bali United kembali menggandakan kedudukan menjadi 0-2 lewat bola sepak pojok yang di lepaskan Fadil Sausu, dan disundul Jajang Mulyana.

Meski tertinggal 2 gol, laskar antasari tidak menurunkan intensitas serangannya, alhasil pada menit ke 86, jerih payah anak asuh Dejan Antonic ini berbuah gol.

Hasil umpan satu dua Renan Alves dengan Ferdiansyah berhasil di konversi menjadi gol, tendangan plesing melengkung dari Renan Alves membuat selisih gol menjadi 1-2.

Pasalnya hingga wasit meniupkan peluit panjang, keunggulan untuk tim tamu 1-2 tidak berubah. Hasil ini membuat Barito harus mengalami tiga kekalahan beruntun setelah sebelumnya dipermalukan PSIS Semarang dan PSS Sleman.

Usai laga, pelatih Barito Putera Dejan Antonic menyesalkan kegagalan anak asuhnya meraih poin penuh di kandang sendiri. 

"Kita tidak bermain seperti biasanya," kata Dejan, pada sesi jumpa pers usai laga. 

Gaffer asal Serbia itu mengeluhkan banyaknya pemain absen, sehingga berpengaruh terhadap skema yang ia terapkan. 

"Kita tahu Bali United punya pemain yang berkualitas. Sementara kita punya kendala. Ada banyak pemain yang seharusnya tidak bermain. Mereka bisa saja bilang tidak siap main. Tapi anak-anak tetap memaksakan diri dan ingin memberikan sepenuhnya untuk Barito Putera," tambah Dejan. 

Sementara itu, pemain muda Barito Putera, Rahmad Beri Santoso mengaku hasil ini akan menjadi pelajaran berharga untuk menatap laga selanjutnya. 

"Mewakili pemain, saya minta maaf. Kita akan belajar lebih giat, dan berlatih lebih keras lagi untuk menghadapi pertandingan selanjutnya," ucap pemuda asal Tanah Laut tersebut. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar