Puluhan Warga Di Banjarmasin Dapat Bantuan Bedah Rumah

KBRN, Banjarmasin : Puluhan masyarakat Kota Banjarmasin yang rumahnya sudah tidak layak untuk dihuni mendapatkan bantuan bedah rumah.

Bedah rumah ini, merupakan program tahunan Pemko Banjarmasin melalui Dinas Sosial, yakni   Rehabilitas Sosial Rumah Tidak Layak Huni (RS-RUTILAHU) tahun 2021.

Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina secara simbolis menyerahkan bantuan, di jalan Setoyo S, gg. Kubur, Kecamatan Banjarmasin Tengah, Banjarmasin, Rabu (17/11/2021).

"Hari ini kita memulai program  RS-RUTILAHU atau bedah rumah, untuk 83 rumah keluarga yang menerima manfaat program tersebut," ujar Ibnu.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial (Kadinsos) Kota Banjarmasin, Iwan Ristianto, memaparkan, warga yang mendapatkan bantuan bedah ada kriteria yang sudah ditentukan.

"Yang pertama itu, tanah dan bangunan harus milik sendiri, tidak berada dijalur yang dilarang pemerintah, dan juga tanah dan bangunan tersebut tidak bermasalah, dan terdaftar didalam daftar Terpadu Kesehjateraan Sosial (TKS) Dinsos," terangnya.

Sebelumnya, untuk tahun ini, ada 153 rumah yang diusulkan untuk mendapatkan bantuan ini namun setelah diverifikasi 83 yang memenuhi syarat.

"Uang tersebut diserahkan dalam bentuk tabungan kepada warga. Yang mana uang tersebut digunakan untuk membeli bahan dan juga upah tukang, satu rumah 24 juta," kata Iwan.

Untuk proses pengerjaan bedah rumah tersebut, dilakukan secara serentak di 5 Kecamatan, dengan proses kerja selama 20 hari.

"Nanti ada yang mengawasi, sehingga bisa berjalan sesuai dengan waktu yang ditargetkan," pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar