Warga Batola Terima Dana Stimulus Rumah Terdampak Banjir

Istimewa

KBRN, Banjarmasin: Bupati Barito Kuala (Batola) Hj Noormiliyani AS mulai membagikan dana stimulus dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) bagi masyarakat terdampak banjir yang terjadi di awal Januari 2021 lalu. 

Penyerahan bantuan yang dilaksanakan di rumah jabatan bupati, Jumat (26/11/2021) ini diperuntukan terhadap warga di empat kecamatan yakni Kecamatan Alalak, Mandastana, Jejangkit, dan Cerbon. Peresmian penyaluran ditandai penyerahan simbolis dari Bupati Batola, Hj Noormiliyani AS kepada empat perwakilan warga.

Kabupaten Batola mendapatkan total bantuan stimulus dari pemerintah pusat sebesar Rp16.210.000.000 yang diperuntukan kepada 1.596 rumah yang terdiri dari 1.571 rumah mengalami rusak ringan dan 25 rumah mengalami rusak sedang. Untuk bantuan kerusakan ringan senilai Rp10 juta, sedangkan kerusakan sedang memperoleh bantuan Rp25 juta.

Kerusakan terbanyak terjadi di Kecamatan Jejangkit dari 6 desa teridentifikasi rumah yang mengalami kerusakan sebanyak 633 unit/KK. Kemudian Mandastana sebanyak 624 unit/KK di 12 desa, Alalak 319 rumah/KK di 9 desa, serta Cerbon 1 desa dengan 15 rumah/KK.

"Kami menyadari masih banyak warga yang rumahnya terdampak banjir belum mendapatkan bantuan mengingat belum semua data terakomodir. Dan saat ini kami sedang mengajukan permohonan tahap kedua," ucap Bupati.

Untuk itu, kepada warga yang rumahnya juga mengalami kerusakan akibat banjir dan belum mendapatkan bantuan ia mengucapkan permohonan maaf serta mengajak sama-sama berdoa agar pemerintah pusat mengabulkan permohonan supaya bantuan kembali bisa disalurkan. 

Sementara terhadap warga yang mendapatkan bantuan, mantan Ketua DPRD Provinsi Kalsel ini, meminta bersyukur serta benar-benar memanfaatkan bantuan perbaikan rumah bukan untuk keperluan yang lain.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar