Warga Tapin Kurang Mampu Ikuti Operasi Katarak Gratis

Istimewa

KBRN, Banjarmasin: Sejumlah warga mengikuti operasi katarak secara gratis di RSUD Datu Sanggul Rantau, Senin (29/11/2021). Agenda tersebut merupakan rangkaian program yang dijalankan Pemkab Tapin dalam memperingati hari Jadi Kabupaten Tapin ke 56 Tahun 2021.

Operasi katarak ini dikhususkan untuk warga Tapin yang tidak mampu dan memenuhi syarat untuk mengikuti operasi katarak di RSUD Datu Sanggul Rantau.

"Dalam oeprasi mata ini, pasien tidak dipungut biaya sama sekali, mulai dari pemeriksaan awal atau pra operasi, saat operasi hingga pasca operasi seluruhnya diberikan secara cuma-cuma," ucap Deriktur RSUD Datu Sanggul Rantau, Milhan.

Pihaknya berharap dengan pemberian operasi katarak secara gratis oleh RSUD Sanggul rantau, setidaknya masyarakat bisa terlayani untuk kesehatan bagi semua, khususnya bagi yang tidak mampu sehingga kesehatan mereka bisa lebih baik dan warga masyarakat tidak lagi menjadi buta.

Dari total 8 (delapan) orang yang terdaftar, 5 diantaranya bisa langsung dilakukan operasi katarak 5 (lima) orang. Sementara dua orang lagi harus tertunda. Sebelum dilakukan operasi, diseleksi terlebih dahulu dilakukan seleksi kepada calon pasien apakah memenuhi syarat atau tidak dilakukan operasi katarak.

“Jadi dalam pemberian operasi mata ini, benar-benar diseleksi pasien yang benar-benar bisa mengikuti operasi katarak, “ ujarnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar