Tim Pengabdian ULM Latih Anggota PKK Balitan Membuat Kopi Kelakai

Tim Pengabdian Masyarakat ULM mengadakan pelatihan dan penyuluhan pembuatan kopi kelakai sebagai minuman herbal kepada ibu-ibu PKK Komplek Balitan .

KBRN, Banjarmasin: Kelakai adalah salah satu tanaman yang tumbuh pada lahan basah di daerah Kalimantan termasuk di Kalimantan Selatan. Tumbuhan ini biasanya dikonsumsi dalam bentuk sayuran maupun makanan ringan. 

Selain dimakan, kalakai juga digunakan masyarakat untuk kesehatan, misalnya untuk mencegah anemia, meningkatkan produksi ASI pada ibu menyusui, penurun demam, meningkatkan imunitas tubuh, dan lain-lain. 

Di masyarakat, kelakai digunakan sebagai obat dengan cara direbus dengan air, kemudian disaring. Air rebusan tersebut yang diminum sebagai obat. Beberapa tahun terakhir, kelakai dibuat dalam bentuk minuman herbal yang berbahan kelakai dengan berbagai campurannya. 

Berangkat dari pengetahuan tersebut, Tim Pengabdian Masyarakat ULM mengadakan pelatihan dan penyuluhan pembuatan kopi kelakai sebagai minuman herbal kepada ibu-ibu PKK Komplek Balitan .

“Ulun hanyar tahu, kalau kelakai dapat dibuat kopi” kata salah satu peserta pelatihan. 

Kopi kelakai dibuat dengan terlebih dahulu kelakai dicuci bersih lalu dikeringkan di dalam oven. Setelah itu dihaluskan dengan blender lalu diayak. Untuk penyajiannya menggunakan komposisi kopi 2gr, kelakai 1gr, dan jahe 1gr lalu diseduh dengan air panas 150 ml. 

“Agar terasa manis, sebaiknya ditambahkan gula arena atau madu” kata dr. Dona Marisa, M.Biomed selaku ketua Tim Pengabdian Masyarakat ULM.

Komposisi kopi, kelakai, dan jahe pada takaran tertentu mengandung zat antioksidan yang dapat mempertahankan tubuh dari penyakit. 

“Kopi kelakai ini bisa dikonsumsi untuk meningkatkan imunitas tubuh di masa pandemi,” sambung Ns. Windy Yuliana. 

Di akhir kegiatan, Tim Pengabdian Masyarakat ULM memberikan alat-alat yang dapat digunakan untuk membuat kopi kelakai, kepada para ibu-ibu tersebut. 

”Semoga dengan bantuan ini, ibu-ibu dapat sehat semua dengan cara memproduksi minuman kopi kelakai” ucap anggota tim lainnya.

Sementara itu, ketua PKK Komplek Balitan 1, Sri Wahyuningsih merasa bersyukur dan berterima kasih kepada Tim Pengabdian Masyarakat ULM, yang telah memberikan pelatihan kepada anggota PKK tersebut.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar