Aa Gym Isi Bimbingan Mental Jajaran Bea Cukai

Istimewa

KBRN, Banjarmasin : Kantor Wilayah DJBC Kalbagsel pimpinan Ronny Rosfyandi, bekerja sama dengan KPPBC TMP B Banjarmasin dan DKM Baitut Taqwa mengadakan Bimbingan Mental (Bintal), secara virtual, Selasa (30/11/2021).

Terlaksana sesuai dengan Bea Cukai Sebagai instansi di bawah Kementerian Keuangan, Bea Cukai memiliki 4 (empat) tugas utama, yaitu memungut penerimaan negara..

Mengawasi lalu lintas barang dalam rangka melindungi kepentingan masyarakat, memberikan fasilitas perdagangan melalui berbagai upaya strategi, serta memberikan dukungan industri dalam negeri.

Dengan 4 (empat) tugas utama tersebut, tentu banyak sekali tantangan yang dihadapi para pegawai Bea Cukai dalam menjalankannya.

Selain wajib mengembangkan dan keahliannya, semua pegawai Bea Cukai juga perlu memiliki kecerdasan emosi dan sosial serta mental yang tangguh dalam menjalankan tugas. 

Setiap pegawai harus siap dan sigap menghadapi dinamika dan tantangan di lapangan dalam melaksanakan tugas di bidang Kepabeanan dan Cukai memahami hal tersebut.

Selain itu juga Program Reformasi Kepabeanan dan Cukai (PRKC) Berkelanjutan dan Program Reformasi Birokrasi dan Transformasi Kelembagaan (RBTK) Kementerian Keuangan, dan dalam rangka menyongsong Hari Antikorupsi Sedunia (Hakordia) 2021,

“Penguatan Iman dan Integritas, Ikhlas untuk Negeri” sebagai implementasi Program Penguatan Integritas Pegawai (PPIP).

Dalam pembukaan pembukaan, Kurnia Saktiyono, Kepala KPPBC TMP B Banjarmasin antara lain mennghimbau agar melakukan pekerjaan dengan cinta, karena cinta menumbuhkan keikhlasan, dan keikhlasan akan dilihat Allah, para malaikat pun akan mencatatnya sebagai nilai amal ibadah kebajikan.

Selama kurang lebih 1 jam, KH. Abdullah Gymnastiar memberikan tausiah dan interaksi dengan peserta Bintal. Dengan gaya, bahasa dan logat khasnya Aa Gym memberikan siraman rohani, mengingatkan hakikat hidup terutama sikap hati dalam bekerja. 

Hati yang ikhlas saat bekerja, tanpa iri dengki, tidak mencari pujian untuk diri sendiri, tetapi bekerja sepenuh hati, serta selalu berusaha melakukan yang terbaik, akan kebahagiaan dalam hidup.

Aa Gym menambahkan bahwa kerja itu untuk bahagia karena niatnya adalah ibadah. Dan berlomba-lomba memberi manfaat dalam hidup.

Bersyukur atas semua yang dimiliki dan Tuhan berikan sehingga dapat menikmati hidup ini. Mengakhiri tausiahnya Aa Gym menghimbau agar menjalankan PDLT, Lakukan Terbaik.

Kepala Bidang Kepatuhan Internal, Bekti Trilestariningtias mengatakan sebagai birokrat, pegawai Bea Cukai dan Kementerian Keuangan akan selalu memberikan tantangan dan godaan.

Demi melewati itu semua integritas menjadi senjata utama. Kegiatan Bintal merupakan kebutuhan organisasi untuk meningkatkan semangat dan motivasi yang benar-benar dalam bekerja.

Pembina Baitut Taqwa Bea Cukai Banjarmasin, Bony Adhi Nugroho menambahkan bahwa Bintal berupa tausiah ini selain diikuti oleh seluruh pegawai Kantor Wilayah dan lima Satuan Kerja, yakni KPPBC TMP B Banjarmasin, KPPBC TMP C Kotabaru, KPPBC TMP C Palangka Raya, KPPBC TMP C Pangkalan Bun , dan KPPBC TMP C Sampit, juga diikuti oleh pegawai dan pejabat Perwakilan Kementerian Keuangan di Kalimantan Selatan, serta pegawai Bea Cukai dari berbagai wilayah di Indonesia.

“Keikhlasan dalam bekerja memang perlu proses, dan pengalaman. Upaya mewujudkan dan bekerja serta mewujudkannya mudah, semoga dengan terus mewujudkan iman melalui Bintal ini akan menciptakan keikhlasan bekerja untuk selalu memberikan yang terbaik kepada masyarakat, dan pemangku kepentingan khususnya” ujar Ronny Rosfyandi.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar