Mengenal Kuriding, Alat Musik Tradisional Suku Dayak Bakumpai

foto : istimewa

KBRN, Banjarmasin : Kuriding merupakan alat musik tradisional khas suku Dayak Bakumpai, Kalimantan Selatan. Alat musik yang terbuat dari kayu pohon Bangaris ini termasuk dalam alat musik perkusi.

Cara memainkannya yaitu dengan menempelkan kuriding di bibir sambil menarik gagang tali getarnya. Akan terdengar suara seperti angin menderu-deru diiringi bunyi menghentak-hentak berirama teratur.

Kuriding dapat dimainkan dalam bentuk lagu yang biasanya dinyanyikan setelah memainkan instrumen musik.Umumnya syair lagu tersebut berbentuk pantun. Selain dipertunjukan dalam bentuk ansambel, alat musik ini juga dapat dipadukan dengan musik panting.

Jumlah pemain kuriding tidak dibatasi, tetapi biasanya dimainkan oleh tiga sampai 5 orang dengan formasi duduk bersila secara berjejer.

Kostum yang digunakan merupakan baju adat khas suku Banjar, seperti baju taluk balanga dan celana panjang untuk pria, serta baju kurung dan bawahan untuk wanita.

Tidak ada ritual atau bacaan khusus ketika akan memainkan Kuriding karena musik ini hanya berfungsi sebagai hiburan semata yang bisa ditampilkan pada acara maupun pagelaran seni budaya.(JN)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar