Kota Pontianak Masuk Level 4 Penyebaran Covid-19

KBRN, Pontianak: Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono menerangkan, berdasarkan arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) melalui Menteri Dalam Negeri (Mendagri), kini PPKM tak lagi menggunakan istilah Darurat melainkan diganti dengan sebutan PPKM level 1 sampai level 4.

“Istilah PPKM Darurat ini tidak akan dipakai lagi karena dinilai menimbulkan kesan darurat bagi masyarakat," katanya, Rabu (21/7/2021).

Iya menyebut, diperpanjang atau tidaknnya masa PPKM Darurat di Kota Pontianak masih menunggu keputusan Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar).

Meski belum ada keputusan terkait perpanjangan PPKM Darurat di Kota Pontianak, Edi menyebut Kota Pontianak termasul dalam level 4 penyebaran Covid-19.

Baca Juga: Pencarian Korban 17 Kapal yang Tenggelam Diperpanjang

Pasalnya, tingkat ketertularan virus Covid-19 di Ibu Kota Provinsi Kalbar ini masih cukup tinggi dan tingkat keterisian tempat tidur atau Bed Occupancy Rate (BOR) diatas 80 persen.

“Eksponensialnya naik tajam, kemudian BOR di atas 80 persen, kemudian kasus meninggal dan tingkat kesembuhan. Jadi, masing-masing level ada persentasenya,” ujarnya.

Dikatakan Edi, aturan-aturan yang mencakup PPKM Level 4 ini sudah tertuang dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 22 Tahun 2021.

Secara umum, aturan PPKM Level 4 masih menerapkan berbagai pembatasan seperti yang diterapkan selama PPKM Darurat.

Ia mengungkapkan, kasus aktif sekarang sudah mulai sedikit menurun. Jika sebelumnya sempat di atas 400 kasus, sekarang turun hingga angka 200 kasus.

Selain tingkat kesembuhan pasien Covid-19, penerapan protokol kesehatan menjadi kunci utama menekan penyebaran Covid-19 dengan mengenakan masker, mencuci tangan dan menghindari kerumunan serta menjaga jarak.

"Informasi di media sosial terkadang memberitakan yang kontraproduktif. Semestinya kita sama-sama satu persepsi untuk melawan Covid-19 sehingga kita bisa menekan angka ketertularan Covid-19 di Kota Pontianak," tutupnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00