Momen Mensos Beri Sapi buat Nenek di Bangkalan

Menteri Sosial Tri Rismaharini menyerahkan bantuan sapi kepada Tripadma, nenek yang hidup di rumah tidak layak bersama empat anaknya yang menyandang disabilitas. (RRI/Miftah)

KBRN, Bangkalan: Setelah menempuh perjalanan kurang lebih tiga jam dari Bandara Juanda, rombongan Menteri Sosial Tri Rismaharini tiba di Dusun Du'alas, Desa Kelapayan, Bangkalan. Jumat (5/8/2022) sekitar pukul 16.06 WIB, ia mengunjungi rumah Tipadma, 64 tahun, nenek yang hidup dengan empat orang anak penyandang disabilitas.

Di rumah gedek beralaskan tanah, Mensos dengan suasana alam pedesaan yang asri dan alami meski terik, langsung menyapa Nenek Tipadma. Di sana juga ada bersama anggota keluarganya yang sedang ada di dalam rumah didampingi anggota Komisi XIII DPR RI Imron Amin, bersama wakil Bupati Bangkalan Mohni.

Kedatangan Tri Rismaharini disambut hangat dan senang oleh semua anggota keluarga nenek Tipadma. Di rumah itu Tripadma tinggal bersama anaknya, yaitu Kulsum (34 tahun), Toyyibeh (32 tahun), dan Tijeh (47 tahun), yang mengalami gangguan tuna rungu dan tuna wicara.

Tidak hanya itu, anak Tijeh yaitu Musarrofah (18 tahun) mengalami cerebral palsy atau gangguan kelumpuhan otak juga senang. Celebral palsy adalah Itu mengakibatkan kelumpuhan seluruh syaraf tubuhnya.

Setelah beberapa menit kemudian Mensos keluar dari rumah Tipadma. Di pintu keluar rumah ia menemui kepala desa setempat.

“Saya akan bantu bahan bangunannya, nanti rumah ini direnovasi agar layak ditempati, bisa dibantu gotong royong masyarakat untuk proses pembangunannya,” kata Mensos. 

“Ini hanya salah satunya sebenarnya banyak sekali, kami akan tangani satu persatu sesuai kemampuan. Namun ini didahulukan karena bukan sekedar miskin, semua anggota keluarga juga punya kekurangan,” kata Mensos.

Ia menambahkan, bantuan yang diberikan selain sembako juga berupa satu ekor sapi betina dan bantuan renovasi rumah dengan disepakati bersama kepala desa. “Semoga bantuan sapi ini bermanfaat dan bisa beranak pinak," ucap Risma.

Sementara nenek Tipadma saat ditemui Radio Republik Indonesia di dalam rumahnya, mengungkapkan perasaan senang dengan kunjungan Mensos Tri Rismaharini. Dia menceritakan kehidupan ekonominya.

“Sehari-hari saya pelihara sapi, tapi punya orang. Kadang buat tikar anyam dan dijual untuk kebutuhan sehari-hari," katanya. 

"Alhamdulillah sekarang punya sapi sendiri dari bantuan ini. Saya akan merawat sebaik-baiknya,” kata Tripadma. 

Terpisah, Kepala Desa Kelapayan Umar Farug mengatakan kedatangan Mensos jadi kebanggaan bagi warganya. Apalagi datang dengan memberikan memberi bantuan.

“Rumah Tipadma segera direnovasi dengan bantuan dari Mensos. Masyarakat siap gotong royong merenovasinya," ujar Umar Faruq.*

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar