Melihat Tahanan Salat Jumat dari Balik Jeruji Besi

Beberapa tahanan di Polres Pringsewu mengikuti ibadah salat Jumat dari balik jeruji besi. (Foto: RRI)

KBRN, Pringsewu: Para tahanan Polres Pringsewu tidak lagi merasa kesulitan untuk melaksanakan ibadah berjemaah. Salat Jumat, misalnya. 

Polres Pringsewu kini menyediakan fasilitas zoom meeting yang terhubung dengan pelaksanaan salat Jumat di masjid mapolres setempat. Dengan begitu puluhan tahanan yang mendekam di balik jeruji, bisa melaksanakan salat Jumat dari ruang tahanan.

Kapolres Pringsewu AKBP Rio Cahyowidi mengatakan fasilitas digital keagamaan ini sebagai bentuk pelayanan Polri kepada masyarakat. Khususnya para tahanan yang sedang mendekam di Rutan Polres Pringsewu.

Para tahanan ini merupakan tersangka pelanggar hukum yang ditahan dengan pertimbangan kemungkinan melarikan diri, merusak, atau menghilangkan barang bukti. Termasuk kemungkinan mengulangi tindak pidana yang bisa membahayakan masyarakat. 

"Sebagai tahanan, mereka harus diperlakukan dengan baik dan manusiawi. Harapannya agar menyadari kesalahan, memperbaiki diri, dan tidak mengulangi tindak pidana," ujar AKBP Rio, Jumat (5/8/22).

Beberapa hak dasar seperti beribadah, kata Rio,  juga diupayakan bisa didapatkan. Meski beberapa hak juga dibatasi karena sedang menjalani proses hukum. Pemberian fasilitas zoom meeting untuk Jumatan ini, tahanan bisa mendengarkan materi khutbah melalui layar monitor yang disediakan. 

"Dengan adanya fasilitas ini para tahanan diharapkan bisa lebih khusyuk dalam menjalankan ibadah," kata AKBP Rio.*(Isnanto Hapsara)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar