Pengakuan Pengerek Bendera Merah-Putih Gagal Berkibar di Solo

Bendera Merah-Putih gagal dikerek untuk berkibar di tiang dalam upacara HUT ke-77 RI di Stadion Sriwedari, Solo, Rabu (17/8/2022). Foto: RRI

KBRN, Surakarta: Pengibaran bendera Merah-Putih dalam HUT ke-77 RI di Surakarta, Rabu (17/8/2022), gagal dilakukan. Secara tidak terduga sebelum dikibarkan pengait bendera putus atau rusak.

Kejadian itu membuat Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) dan peserta upacara tercengang. Pengerek bendera Muhammad Naban Haikal Fikri saat dikonfirmasi RRI usai upacara mengungkapkan situasi yang terjadi.

Ia mengungkapkan benar-benar tidak menduga terjadi situasi genting seperti itu. Sejurus kemudian secara sigap ia coba membentangkan bendera, agar lagu Indonesia Raya tetap bisa berkumandang.

"Besi untuk mengaitkan ke bendera itu tidak diduga ternyata patah. Sempat coba dikaitkan, tetapi karena kondisinya patah, tetap tidak bisa," kata Naban.

Meski gagal dikerak untuk dikibarkan, setelah upacara berlangsung para petugas memperbaiki kerusakan. Bendera akhirnya dikerek, hingga tetap berkibar sepanjang hari

Pada sore hari upacara penurunan bendera digelar. Bendera yang berkibar lantas diturunkan untuk kemudian disimpan.*

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar