Tips Terhindar dari Pinjol Ilegal

Foto: ist

KBRN, Jakarta: Masyarakat terus diminta waspada dengan adanya pinjaman online (pinjol) ilegal. 

Mengutip media sosail Twitter Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kominfo RI), Kamis (21/10/2021), berikut ini tujuh tips terhindar dari pinjol ilegal:

1. Hindari Iklan Ajakan yang Mencolok

Banyak dari korban pinjol ilegal mengikuti pinjaman dari sebuah pesan yang diterima di ponsel. Laporkan nomor tersebut kepada pihak yang berwenang.

2. Cek Perusahaan Pinjol di Situs Resmi OJK.go.id

Gunakan Fintech (Financial Technology) peer to peer lending resmi, yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Jangan hanya karena di aplikasi ada logo OJK langsung percaya begitu saja.

3. Pastikan Legalitas dan Rekam Jejak Digital

Cek legalitas dan rekam jejak perusahaan pinjol tersebut untuk memastikan alamat kantor atau pengurus yang jelas beserta ulasan

4. Hindari Peminjaman dengan Fee Besar

Hindari peminjaman dengan fee besar. Jangan mudah percaya iklan-iklan aneh yang mengatasnamakan OJK atau fintech tertentu.

5. Teliti Syarat dan Ketentuan Berlaku

Beberapa pinjol melakukan pemerasan dengan secara tidak langsung. Wajib teliti dulu ya syarat dan ketentuannya. Jangan sampai tejebak.

6. Download Penyedia Layanan Aplikasi Resmi

Pastikan download aplikasi di platfoam resmi seperi Google Play atau Apple App Store atau website resmi penyedia Fintech.

7. Waspada Penyalahgunaan Data Pribadi

Hindari persyaratan pinjol yang meminta izin untuk mengakses kontak di smartphone, foto kartu ATM sampai foto selfie yang memegang kartu identitas.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00