Brian Bastara, Pengusaha Muda, Berbisnis Sejak SMA

Foto: (dok. IST)

KBRN, Jakarta: Brian Putra Bastara sejak duduk di bangku Sekolah Menengah Atas (SMA) telah terjun ke dunia bisnis, meliputi fashion, F&B, properti, hingga bisnis berbasis digital.

Genap di usia 20 tahun, Brian dipercaya untuk menjadi Managing Director Premier Basko Hotel, Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar).

Brian terlahir dari keluarga pengusaha yang merintis usaha dari bawah. Adalah sang ayah, Basrizal Koto dan ibu Elita Basko.

Basrizal Koto adalah seorang pebisnis terkenal asal Pariaman. Sepak terjang Basrizal Koto sudah tak diragukan lagi. Hal itupun menurun pada Brian, yang membuat dirinya bisa menjadi seperti sekarang.

Brian yang berdomisili di Kota Padang dan aktif sebagai pimpinan tiga perusahaan. Managing Director Premier Basko Hotel, Managing Director Cerya Security Printing, dan juga sebagai Chief Executive Officer Haluan Media group.

Tak hanya itu saja, Brian Putra Bastara juga mendapat amanah luar biasa sebagai Ketua Badan Pengurus Daerah (BPD) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Sumbar periode 2021-2024.

*Awal Mula Menjadi Pengusaha*

Seperti yang diketahui, Brian Putra Bastara terlahir dari keluarga pengusaha. Keluarganya memiliki perusahaan di banyak bidang diantaranya bisnis media, percetakan, pertambangan, peternakan, perhotelan dan property. Sehingga tak heran Brian terjun sebagai pengusaha karena turunan dari keluarganya sebagai pengusaha.

Meski demikian, Brian juga memiliki usahanya sendiri. Sebagai seorang anak pengusaha tidak membuatnya manja dan lekas berpuas diri. Ia telah terjun ke dunia bisnis sejak masih duduk di bangku Sekolah Menengah Atas (SMA). Bisnis yang ia geluti meliputi fashion, F&B, properti, hingga bisnis berbasis digital.

Mengelola bisnis tidak lantas membuat Brian melupakan pendidikan. Sembari berbisnis, ia pun melanjutkan studi Magister di Universitas Andalas, Sumatera Barat jurusan Manajemen Marketing. Brian sadar betul, bahwa pendidikan adalah investasi yang berharga untuk mengembangkan diri.

*Jeli Melihat Peluang dan Pantang Menyerah*

Sang Ayah, Basrizal Koto selalu mendidik Brian dengan keras, agar mampu menjadi sosok pemberani yang selalu jeli melihat peluang. Tak hanya itu, ia juga dilatih untuk pantang menyerah dalam menghadapi tekanan bisnis. Nilai-nilai itulah yang tertanam baik dalam diri Brian.

Brian merupakan seorang lulusan Diploma Bisnis High Scope High School pada tahun 2010. Kemudian, ia melanjutkan pendidikannya di Bachelor of Commerce Curtin University pada tahun 2012. Pada tahun 2016, Brian menempuh pendidikan lanjutannya Magister di Marketing Management Andalas University.

Pada tahun 2019, Brian memutuskan mengembangkan bisnis digital. Ia membuat Haluan Media Group sebagai tempat bernaung sejumlah startup media digital. Haluan Media Group ini bermula dari surat kabar Haluan di Sumbar yang sudah terbit sejak 1948.

Koran bersejarah ini oleh Brian dikembangkan menjadi media digital. Cita-cita satu, agar koran lokal bersejarah ini bisa menjadi media digital yang bersaing di kancah nasional.

Beberapa perusahaan bernaung di dalamnya meliputi media online, media alternaif, agensi kreatif, EO Company, Production House, perusahaan teknologi dan software, E-sport media dan manajemen, Perusahaan riset dan survey, dan lainnya.

Brian menyadari, bahwa bisnis digital adalah salah satu bisnis yang menjanjikan di masa depan. Apalagi dibarengi dengan kemajuan teknologi yang semakin pesat.

Ekspansi bisnis adalah bukti bagaimana Brian sebagai pengusaha muda punya keberanian serta kejelian dalam berbisnis. Ia tidak takut gagal, sebab semua risiko sudah diperhitungkan dengan matang.

*Ketua BPD HIPMI*

Tak hanya mumpuni di bidang bisnis, ia juga aktif diberbagai organisasi. Di antaranya yaitu perkumpulan pelajar Indonesia Australia pada tahun 2010-2012, HIPMI dari tahun 2004 hingga sekarang, perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia, serta HIKKAPI dari tahun 2020 hingga sekarang.

Brian memiliki berbagai kesibukkan dengan aktivitasnya sebagai pengusaha. Namun demikian sosok yang pantang menyerah ini juga dipercaya menjadi BPD HIPMI Sumbar. BPD HIPMI Sumbar merupakan kepengurusan organisasi pengusaha muda yang berada di tingkat provinsi.

Organisasi independent ini juga membawahi Badan Pengurus Cabang (BPC) HIPMI seluruh kabupaten/kota di Sumbar. Brian menjabat sebagai BPD HIPMI Sumbar dari tahun 2021 hingga 2024 mendatang.

Ketika memutuskan maju sebagai Ketua BPD HIPMI Sumbar, Brian telah berkomitmen untuk mengeksplorasi, berinovasi dan berkolaborasi dengan para pengusaha muda lainnya. Lewat HIPMI, Brian ingin agar para pengusaha muda bisa berkolaborasi bersama mewujudkan hal-hal yang inovatif.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00