Ketua DPR: IKN Harus Jadi Penggerak Ekonomi

Sidang Bersama MPR/DPR/DPD 2022. Foto: (Humas DPR)

KBRN, Jakarta: Ketua DPR RI Puan Maharani menyatakan, pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) harus jadi penggerak ekonomi. Sebab, banyak masyarakat yang menaruh harapan besar. 

"Sehingga bisa menjadi simbol identitas nasional. Juga menjadi kota dunia ideal yang dapat menjadi acuan dunia," kata Puan dalam sidang bersama 2022 di Gedung Nusantara, Selasa (16/8/2022). 

Pembangunan IKN merupakan agenda nasional sebagaimana yang telah diamanatkan oleh UU No 3 Tahun 2022. Untuk itu, ia mengatakan, keberhasilan pembangunan tersebut membutuhkan perencanaan dan manajemen sumber daya.

"Sekaligus sangat ditentukan oleh dukungan dari seluruh pemangku kepentingan dan seluruh anak bangsa. Tujuannya untuk dapat selaras dalam memaknai Ibu Kota Nusantara sebagai agenda bersama," ujarnya. 

Pasalnya, ucap dia, HUT Ke-77 RI merupakan momentum dalam melaksanakan paradigma pemerataan pembangunan nasional untuk masa depan Indonesia. "Kita perlu rembuk bersama, untuk menentukan kemana arah pembangunan bangsa dan negara Indonesia," katanya. 

"Sehingga pembangunan fisik dan pembangunan karakter bangsa dapat berkesinambungan. Tentunya dalam hal mencapai tujuan nasional," ujarnya mengakhiri.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar