Kewirausahaan Sosial PT PTC Terima Penghargaan BUMN Track

PT Pertamina Training and Consulting meraih penghargaan Pilar Ekonomi Bintang 4 dan The Most Committed Leader to TJSL Initiative on Urban Farming untuk Bapak Teuku Mirasfi selaku Direktur Utama. Penghargaan diterima Indah Kurnianingsih (kiri), selaku Direktur Operasi dan Pemasaran, dan Fitri Azwar (kanan), selaku Direktur Keuangan, pada 11 Agustus 2022 di Hotel JW Marriot, Jakarta Selatan. (Foto: Corporate Secretary PTC)

KBRN, Jakarta: Apresiasi diberikan kepada PT Pertamina Training and Consulting (PTC) atas dukungannya membantu kelompok-kelompok rentan melalui Program Kewirausahaan Sosial. Pemberdayaan ekonomi kelompok khusus selama pandemi membuat PTC meraih prestasi Pilar Ekonomi Bintang Empat di ajang TJSL & CSR Award 2022.

Penghargaan diberikan oleh BUMN Track, didukung Indonesia Shared Value Institute (ISVI), pada 11 Agustus 2022 di Hotel JW Marriot, Jakarta Selatan. Sebanyak 82 BUMN dan anak perusahaannya turut menjadi peserta TJSL & CSR Award 2022.

Ajang ini merupakan apresisasi tertinggi bagi BUMN dan anak usahanya yang menjalankan praktik TJSL dan CSR terbaik. TJSL dan CSR sendiri adalah program tanggung jawab sosial lingkungan (TJSL) atau Corporate Social Responsibility (CSR).

Program ini mewajibkan BUMN menyisihkan sebagian laba usahanya untuk mendukung pengembangan dan pemberdayaan berbasis sosial, ekonomi, dan lingkungan. Ini selaras dengan Pelaksanaan Pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) yang dicanangkan PBB.

Direktur Utama PTC menjelaskan program ini adalah bentuk kontribusi pihaknya bagi keberlanjutan kesejahteraan masyarakat yang selaras SDGs. Penghargaan diterima oleh Indah Kurnianingsih, selaku Direktur Operasi dan Pemasaran, dan Fitri Azwar, selaku Direktur Keuangan.

Pertamina Training and Consulting meraih dua penghargaan sekaligus pada ajang TJSL & CSR Awards 2022 yang diselenggarakan BUMN Track, mengusung tema “Akselerasi BUMN Mendorong Pemulihan Ekonomi Melalui TJSL & CSR”. PTC meraih penghargaan Pilar Ekonomi Bintang 4 (kiri) dan The Most Committed Leader to TJSL Initiative on Urban Farming untuk Bapak Teuku Mirasfi selaku Direktur Utama (kanan). (Foto: IG @ptc_id)

Kewirausahaan Sosial yang digagas PTC pada tahun 2021 melibatkan masyarakat di wilayah Ring I dan Ring II perusahaan sebagai penerima manfaat TJSL. Mereka adalah warga yang ekonominya terdampak Covid-19, putus hubungan kerja, disabilitas, pemuda putus sekolah, hingga keluarga pra-sejahtera.

Tiga jenis pelatihan dipilih untuk mencapai tujuan SDGs melalui pelatihan berbasis pembekalan awal memulai usaha dan mencari pekerjaan. Pelatihan tersebut adalah pelatihan barista kopi, hidroponik, dan frozen food.

“Program kewirausahaan sosial ini merupakan bentuk komitmen dan tanggung jawab Perusahaan untuk mewujudkan kontribusi aktif dan positif bagi masyarakat terhadap kesejahteraan sosial dan kemampuan masyarakat untuk berdaya saing sesuai dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB)” kata Teuku Mirasfi dalam keterangan tertulis Corporate Secretary PTC, Selasa (16/8/2022).

Selain itu, PTC juga meraih penghargaan The Most Committed Leader to TJSL Initiative on Urban Farming untuk Teuku Mirasfi selaku Direktur Utama. Gagasan program pertanian kota melalui hidroponik mendorong banyak yayasan dan sekolah menanamkan cinta lingkungan dan sekaligus berwirausaha.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar