BI Luncurkan Tujuh Pecahan Uang Rupiah Kertas Baru

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati (Keenam dari kanan) dan Gubernur BI Perry Warjiyo (kelima dari kiri) meluncurkan Uang Rupiah Tahun Emisi 2022, Kamis (18/8/2022). (Foto: Bank Indonesia)

KBRN, Jakarta: Bank Indonesia (BI) meluncurkan tujuh uang Rupiah kertas baru, emisi tahun 2022. Peluncuran ini bertepatan dengan momentum HUT Ke-77 RI. 

Peluncuran dilakukan oleh Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani dan Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo. Menkeu mengatakan, Rupiah bukan sekedar mata uang, tapi sebuah perjalanan sejarah bangsa Indonesia.

"Pada tanggal 30 Oktober 1946, Oeang Republik Indonesia (ORI) mulai berlaku dan disahkan oleh Wapres Muhammad Hatta. Ini menandai babak baru bagi RI yang baru saja merdeka," kata Menkeu saat peluncuran di gedung BI, Jakarta, Kamis (18/8/2022).

Menkeu juga mengatakan, dalam tiap lembaran rupiah terdapat cerita dan narasi mengenai bangsa Indonesia. Sebuah motif dan spirit, di satu sisi adalah keberagaman dan di sisi lain adalah kebersatuan.

"Rupiah adalah satu-satunya alat pembayaran sah di Republik Indonesia. Sudah selayaknya Rupiah harus dihormati dan dibanggakan oleh kita semua," ujarnya.

Sementara itu Gubernur BI Perry Warjiyo mengatakan, peluncuran tujuh uang pecahan kertas merupakan wujud nyata komitmen bersama. Pastinya untuk menyediakan uang rupiah berkualitas dan terpercaya pada masyarakat.

"Rupiah sebagai simbol kedaulatan dan pemersatu bangsa. Kami mengajak seluruh komponen masyarakat untuk cinta, bangga dan paham Rupiah," kata Gubernur BI

Ketujuh pecahan uang Tahun Emisi (TE) 2022 terdiri atas pecahan uang Rupiah kertas. Di antaranya, Rp100.000, Rp50.000, Rp20.000, Rp10.000, Rp5.000, Rp2.000, dan Rp1.000.

Ia mengatakan, uang TE 2022 tetap mempertahankan gambar utama pahlawan nasional pada bagian depan. Serta tema kebudayaan Indonesia (gambar tarian, pemandangan alam, dan flora) pada bagian belakang sebagaimana Uang TE 2016.

Terdapat tiga aspek inovasi penguatan Uang TE 2022 yaitu desain warna yang lebih tajam. Juga unsur pengaman yang lebih andal, dan ketahanan bahan uang yang lebih baik. 

Bagi masyarakat yang ingin memiliki tujuh uang kertas Rupiah TE 2022 dapat menukarkan uang lamanya ke BI. Caranya dengan mendaftar terlebih dahulu melalui aplikasi PINTAR.

Atau dapat diakses di laman https://pintar.bi.go.id. Aplikasi penukaran tersebut dapat diakses oleh masyarakat mulai 18 Agustus 2022 pukul 11.00 WIB.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar