Soerjadi Soedirja Dimakamkan, Agum Gumelar Mengenang Kepemimpinannya

Prosesi pemakaman secara militer mantan Gubernur DKI Jakarta dan Mendagri, Soerjadi Soedirdja, di TMP Kalibata, Jakarta Selatan, Selasa (3/8/2021). (Dok. Istimewa)

KBRN, Jakarta: Jenazah mantan Menteri Dalam Negeri dan Gubernur DKI Jakarta, Jenderal TNI (Purn) Soerjadi Soedirja, dimakamkan secara militer di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan, Selasa (3/8/2021).

Ketua Umum Persatuan Purnawirawan Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (PEPABRI), Jenderal TNI (Purn) Agum Gumelar, memimpin upacara pemakaman.

“Saat almarhum menjadi Pangdam Jaya, saya Asintel. Saya sempat melihat bagaimana kepemimpinan beliau, banyak hal yang saya tiru dari beliau,” ungkap Agum di lokasi, seperti dikutip RRI.co.id, Selasa (3/8/2021).

Selain itu, Agum menilai almarhum adalah sosok yang memegang teguh prinsip dan luwes dalam taktik.

Prosesi Pemakaman

Iring-iringan mobil yang membawa jenazah Soerjadi Soedirdja tiba di TMP Kalibata sekitar pukul 16.30 WIB.

Kemudian peti jenazah langsung dibawa ke Blad Z TMP Kalibata.

BACA JUGA: Soerjadi Soedirja Sosok Disiplin dan Pekerja Keras

Agum mengatakan, bahwa Soerjadi Soedirdja memang sudah sakit atau menderita penyakit stroke sejak empat atau lima tahun terakhir.

“Saya turut berbelasungkawa atas meninggalnya Pak Soerjadi dan juga seluruh keluarga besar Pepabri. Saya sebagai Ketua Umum Pepabri menyampaikan duka cita yang mendalam, semoga arwah almarhum bisa diterima di sisi-Nya dan keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan,” katanya.

Sekadar informasi, mantan Gubernur DKI Jakarta dan Mendagri Jenderal TNI (Purn) Soerjadi Soedirdja meninggal di RS Mayapada Jakarta, Selasa (3/8/2021), sekitar pukul 10.35 WIB.

Soerjadi lahir di Batavia pada 11 Oktober 1939.

Sebelum menduduki jabatan sipil, Soerjadi Soedirdja adalah salah satu tokoh militer Indonesia.

Ia pernah menjabat sebagai Pangdam Jaya, Komandan Brigif 15/Kujang II, Kasdam IV/Diponegoro dan Asisten Sospol ABRI.

Kemudian, setelah lepas dari kedinasan militer, selain pernah menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta dan Mendagri, Soerjadi juga pernah menjabat Menko Sospolkam di masa Presiden Abdurrahman Wahid atau karib disapa Gus Dur.

Soerjadi Soedirja meninggalkan seorang istri bernama Sri Soemarsih, dua anak-menantu dan tiga orang cucu. (Miechell Octovy Koagouw)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00