Aplikasi 'Peduli Lindungi' Jadi Syarat Wajib Penerbangan

Ilustrasi

KBRN, Tangerang: Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten mewajibkan seluruh calon penumpang pesawat menggunakan aplikasi 'Peduli Lindungi' dalam melamukan penerbangan.

SM of Branch Communication and Legal Bandara Soekarno Hatta, M Holik Muardi mengatakan, program tersebut diterapkan, dalam rangka mendukung penerapan Surat Edaran Menteri Kesehatan, tentang Digitalisasi Dokumen Kesehatan Bagi Pengguna Transportasi Udara yang terintegrasi dengan aplikasi 'Peduli Lindungi'.

"Bandara Soekarno Hatta sudah siap secara prosedur dan fasilitas untuk mendukung SE Menkes Nomor 847/2021 yang mengamanahkan penggunaan 'Peduli Lindungi' untuk verifikasi dokumen kesehatan calon penumpang pesawat secara digital," ujarnya kepada rri.co.id, Selasa (3/8/2021).

Di tengah pandemi yang terjadi saat ini, sambung Holik, dokumen kesehatan seperti hasil tes negatif Covid-19 dan kartu vaksinasi juga menjadi syarat perjalanan bagi calon penumpang pesawat. Dengan menerapkan pemeriksaan berbasis digital, secara tidak langsung juga menghindari kasus pemalsuan dokumen syarat penerbangan.

"Dengan dilakukannya proses validasi dokumen kesehatan secara digital, mampu memberikan kemudahan bagi calon penumpang pesawat, karena tidak lagi harus membawa dokumen kertas," kata Holik.

"Dengan demikian, proses check-in akan lebih cepat dan meniadakan kontak fisik, untuk menekan penyebaran kasus Covid-19," sambungnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00