[Cek Fakta] Atlet Angkat Besi Cedera

[Cek Fakta] atlet Angkat Besi Cedera (foto: istimewa)

KBRN, Jakarta: Beredar sebuah video yang memperlihatkan seorang atlet angkat beban yang mengalami cedera. 

Bahkan, viedo yang diunggah oleh akun Tiktok denyalamsyah11 tersebut juga mengatakan bahwa kejadian tersebut terjadi pada Olimpiade Tokyo tahun 2020. Dengan narasi sebagai berikut:

"breaking news

olimpiadetokyo2020 #tokyo2020 #viral”

Namun, setelah dilakukan penelusuran video yang menampilkan vedera pada atlet tersebut tidak benar. 

Ternyata, orang dalam video tersebut adalah Andranik Karapetyan, yakni seorang atlet angkat beban dari Armenia. Andranik memang mengalami cedera saat mengikuti olimpiade pada bidang angkat beban. 

Tetapi, Andranik mengalami cedera tersebut saat mengikuti Olimpiade Rio tahun 2016 lalu.

Dengan demikian, video yang diunggah oleh akun Tiktok denyalamsyah11 tidak sesuai fakta dan masuk ke dalam kategori false context atau konteks yang salah atau hoaks.

Kesimpulan

Video yang berisi informasi tersebut tidak benar. 

Faktanya, atlet dalam video tersebut adalah atlet angkat beban asal Armenia yang bernama Andranik Karapetyan yang mengalami cedera pada tahun 2016 saat mengikuti olimpiade di Rio de Jenairo.

ReferensiTiktok: https://bit.ly/3i713NThttps://turnbackhoax.id/wp-content/uploads/2021/07/SALAH-Video-Atlet-Angkat-Beban-Cedera-di-Olimpiade-Tokyo-2020.pdf (tautan arsip sumber)https://www.youtube.com/watch?v=Y2asolKLhCIhttp://us.tomonews.com/armenian-weightlifter-s-elbow-goes-snap-at-rio-2016-olympics-3131474?utm_source=Youtube%20TomoNewsUS&utm_medium=Social&utm_campaign=armenian%20weightlifter%20injury

(imr)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00