FOKUS: #PPKM

Menkes Budi: Kesadaran Masyarakat Bagian Transisi Endemi

Menteri Kesehatan Republik Indonesia Budi Gunadi Sadikin dalam konferensi pers secara daring di Jakarta, Selasa (17/5/2022). (Foto: Tangkap Layar/Fitratun Komariah/RRI)

KBRN, Jakarta: Menteri Kesehatan Republik Indonesia Budi Gunadi Sadikin mengatakan, bahwa kesadaran masyarakat merupakan bagian terpenting dalam kondisi Indonesia saat ini yang sudah masuk fase transisi menuju endemi. 

Hal itu disampaikan Menkes Budi, usai Presiden Joko Widodo menyampaikan kabar gembira yang membolehkan masyarakat melepaskan masker di tempat terbuka. 

"Bapak Presiden sudah menyampaikan berita gembira buat kita semua. Itu merupakan salah satu bagian dari program transisi yang pemerintah siapkan secara bertahap dari pandemi ke kondisi endemi," kata Menkes Budi dalam konferensi pers secara daring di Jakarta, Selasa (17/5/2022). 

Ia mengingatkan, salah satu hal yang dapat mengubah kondisi pandemi menuju endemi, selain data-data scientific-nya, adalah pemahaman masyarakat bahwa tanggung jawab kesehatan itu ada pada diri masing-masing.

BACA JUGA: Masyarakat Indonesia Lepas Masker Mulai 18 Mei

“Jadi sekuat apapun negara mencoba mengatur masyarakatnya untuk berperilaku hidup sehat tetap yang paling baik adalah kesadaran untuk berperilaku hidup sehat itu ada di masing-masing individu,” katanya.

Menkes mengatakan, dari semua pandemi yang tercatat dalam sejarah kehidupan manusia, transisi terjadi pada saat masyarakat sudah menyadari bagaimana caranya melakukan protokol hidup yang sehat pada diri sendiri dan keluarganya masing-masing.

Kesadaran menerapkan protokol tersebut memerlukan edukasi dan penerapan bertahap

“Dan yang sudah dilakukan oleh bapak Presiden merupakan salah satu langkah untuk kita mulai secara bertahap bertransisi dari pandemi menjadi endemi,” pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar