[Cek Fakta] Catatan Biaya Tilang Terbaru

KBRN, Jakarta: Beredar kembali sebuah informasi yang didapamnya berisikan catatan mengenai biaya tilang terbaru yang dikeluarkan oleh Mabes Polri. 

Dalam pesan tersebut terdapat pula informasi mengenai peraturan bagi polisi yang bisa membuktikan warga yang menyuap polisi, polisi tersebut mendapatkan bonus dan penyuap mendapatkan hukuman 10 tahun.

Namun saat ditelusuri melalui Turnbackhoaks dari akun resmi Divisi Humas Polri (@divisihumaspolri), Divisi Humas Polri memastikan bahwa informasi yang beredar adalah HOAX. 

Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si., tidak pernah memberikan instruksi atau perintah seperti informasi tersebut.

Selain itu melansir Antaranews.com, informasi mengenai petugas menerima bonus Rp10 juta bagi yang menjebak pengemudi melanggar aturan untuk berdamai adalah tidak benar. Hal ini ditegaskan oleh Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Yusuf.

Hoax yang sama juga pernah dilakukan pengecekan fakta oleh turnbackhoax.id dalam artikelnya yang berjudul [SALAH] Biaya Tilang Terbaru di Indonesia, diunggah pada 1 September 2021.

Maka dapat disimpulkan bahwa informasi tilang terbaru dari Mabes Polri adalah informasi yang tidak benar dan termasuk kategori Konten Palsu. 

Referensi:

https://turnbackhoax.id/2022/06/26/salah-daftar-biaya-tilang-terbaru-di-indonesia/

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar