Kemenko PMK: PMI Jangan Kerja Lewat Jalur Ilegal

Dokumentasi PMI di Luar Negeri. (Foto: ist)

KBRN, Jakarta: Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kualitas Anak Perempuan dan Pemuda Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) Femmy Eka Kartika Putri meminta agar Pekerja Migran Indonesia (PMI) bekerja ke luar negeri tidak melalui jalur ilegal.

Hal itu diutarakan oleh Femmy menanggapi ratusan PMI yang dipulangkan dari Malaysia ke Indonesia.

"Jangan lagi lewat jalur ilegal untuk keselamatan kita bersama," kata Femmy dalam dialog Pro3 RRI, Sabtu (6/8/2022).

Femmy mengatakan, ketika dirinya melihat langsung kondisi PMI yang baru tiba di tanah air memerintahkan agar segera ditangani dengan cepat. Sebab, menurutnya ada beberapa PMI yang sedang sakit dan hamil.

“Mudah-mudahan bisa sampai ke daerah masing-masing. Tolong nanti dijaga bagi yang membawa bayi dan anak-anak, segera diurus identitas nya, supaya nanti bisa mendapat pengobatan bagi yang sakit," ucapnya.

Diketahui pemerintah kembali memulangkan 193 dari 3200 PMI asal Malaysia ke Indonesia pada hari kamis (4/8/2022), melalui Bandara International Soekarno Hatta. 

Berdasarkan data dari BP2MI, dari 193 PMI tersebut terdiri dari 66 Perempuan dan 127 laki-laki. Kondisi kerentanan adalah yang sakit, sebanyak 28, ibu dan anak sebanyak 30, 14 orang lansia, 1 orang anak tanpa penjaga, dan sisa 120 orang lainnya. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar